Note

Penjualan Semen Cetak Rekor, Cemindo (CMNT) Ubah Rugi Jadi Laba Rp159 Miliar

· Views 27
Penjualan Semen Cetak Rekor, Cemindo (CMNT) Ubah Rugi Jadi Laba Rp159 Miliar
Penjualan Semen Cetak Rekor, Cemindo (CMNT) Ubah Rugi Jadi Laba Rp159 Miliar (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) berhasil merubah rugi di 2022 menjadi laba sebesar Rp159 miliar pada 2023.

Transformasi rugi bersih ini didukung oleh penjualan semen yang mencapai rekor tertinggi sejak berdirinya CMNT.

"Di tahun yang penuh tantangan, baik secara global maupun domestik, CMNT berhasil mencatatkan kinerja usaha yang baik," tulis manajemen Cemindo dalam keterbukaan informasi BEI, Kamis (29/3/2024).

CMNT menjadi produsen semen terbesar ketiga di Indonesia pada akhir 2023 dengan mencatatkan pertumbuhan volume penjualan sebesar 3% yang serupa dengan pertumbuhan volume semen nasional.

Kemudian anak usaha Cemindo turut mencatatkan pertumbuhan kinerja positif pada 2023. Chinfon Vietnam berhasil meningkatkan volume penjualan ekspor semen didorong oleh penetrasi pasar baru di sejumlah negara sehingga meningkatkan EBITDA sebesar 8% pada 2023. 

Sementara anak usaha lainnya secara gabungan mencatat EBITDA sebesar Rp133 miliar atau tumbuh hampir 59% dibandingkan 2022.

Pada 2023, Perusahaan juga melakukan investasi pada alat berat listrik untuk menggantikan beberapa alat berat lama yang berbasis bahan bakar fosil untuk kegiatan operasional di pabrik-pabrik dan lokasi tambang. 

Investasi yang dianggarkan sekitar Rp100 miliar merupakan komitmen Perusahaan yang diharapkan dapat beroperasi penuh pada 2024. Upaya ini tidak hanya akan mengurangi konsumsi bahan bakar dan menghemat biaya namun juga berkontribusi terhadap penurunan emisi karbon Perusahaan secara keseluruhan.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.