Note

Multipolar (MLPL) Raup Laba Rp172 Miliar Ditopang Pendapatan Anak Usaha

· Views 8
Multipolar (MLPL) Raup Laba Rp172 Miliar Ditopang Pendapatan Anak Usaha
Multipolar (MLPL) Raup Laba Rp172 Miliar Ditopang Pendapatan Anak Usaha (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Multipolar Tbk (MLPL) meraup laba bersih sebesar Rp172 miliar sepanjang 2023. Jumlah ini meningkat 13,8% dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp151,2 miliar.

Laba tersebut ditopang oleh pendapatan sebesar Rp11,0 triliun yang naik 0,4% dari Rp10,9 triliun di tahun sebelumnya. 

"Penerapan strategi efisiensi di semua lini yang didukung oleh upaya deleveraging telah berhasil meningkatkan kinerja MPC. Seiring optimalisasi neraca keuangan, MPC terus mengembangkan investasinya pada bidang-bidang usaha baru dengan fokus pada bidang healthtech, fintec," ujar CEO & Presiden Direktur MPC Adrian Suherman dalam keterangan resmi, Kamis (28/3/2024).

Ia menjelaskan, perseroan secara konsolidasi berhasil menurunkan jumlah pinjaman bank dari Rp2,2 triliun pada akhir 2022 menjadi Rp2,0 triliun pada akhir 2023. 

Perseroan melunasi pinjaman yang akan jatuh tempo dalam kurun waktu 1,5 tahun ke depan sebesar Rp1,3 triliun dan memperoleh pinjaman baru senilai Rp1,1 triliun dengan jatuh tempo 5 tahun, dan dengan demikian meningkatkan likuiditas Perseroan secara keseluruhan.

Menurutnya, bisnis ritel MPC menunjukkan performa yang konsisten dibandingkan tahun sebelumnya. Matahari Department Store (LPPF) membukukan penjualan kotor sebesar Rp12,6 triliun, meningkat dari Rp12,4 triliun pada 2022. 

"MDS memperbaharui strategi merchandising-nya dengan meningkatkan daya tarik merek-merek private label dan peluncuran merek SUKO, serta memperkuat kemitraan dengan para vendor konsinyasi untuk menghadirkan merek-merek favorit di kalangan pelanggan," jelas dia.

Kemudian Matahari Putra Prima (MPPA) dengan gerai-gerai Hypermart, Foodmart, Hyfresh, FMX & Boston, mencatat penjualan bersih sebesar Rp6,9 triliun, sedikit turun dari Rp7,0 triliun pada tahun sebelumnya, disebabkan oleh penurunan penjualan di beberapa kategori tertentu akibat pergeseran dalam pola discretionary spending di kalangan konsumen. 

Namun melalui peningkatan efisiensi operasional, manajemen berhasil meningkatkan EBITDA sebesar Rp116 miliar dibandingkan tahun sebelumnya. 

Pada bisnis teknologi & digital, Multipolar Technology (MLPT) membukukan pendapatan sebesar Rp3,3 triliun, sedikit turun dari Rp3,4 triliun pada tahun sebelumnya.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.