Note

Long Weekend di Depan Mata, IHSG Hari Ini Melempem

· Views 26
Long Weekend di Depan Mata, IHSG Hari Ini Melempem
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini dibuka di zona merah. IHSG melemah 13 poin (0,19%) ke level 7.296 menjelang long weekend.

Mengutip data RTI, Kamis (28/3/2024), IHSG berada di level tertingginya pada 7.310 dan terendahnya 7.288. Sebanyak 150 saham menguat, 75 turun, dan 211 stagnan.

Berdasarkan riset Ajaib Sekuritas, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain, dari dalam negeri,IHSG terkoreksi cukup dalam akibat melemahnya nilai tukar rupiah dan outflow investor asing dari pasar ekuitas domestik. Investor asing catatkan net sell sebesar Rp 882,1 miliar (27/3).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di sisi lain, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan realisasi penerimaan pajak hingga 15 Maret 2024 sebesar Rp 342,88 triliun, setara dengan 17,24% dari target APBN 2024. PPH nonmigas berkontribusi paling besar mencapai Rp 203,92 triliun atau 19,18% dari target," tulis Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih dalan risetnya.

Penerimaan tersebut mengalami penurunan akibat normalisasi harga komoditas non migas, seperti batu bara dan metal mining. Sementara, pph migas tercatat Rp 14,48 triliun atau 18,95% dari target. Adapun PPN dan PPNBM sebesar Rp 121,92 triliun atau 15,03% dari target, serta PBB dan pajak lainnya sebesar Rp 2,56 triliun, setara dengan 6,79% dari target.

ADVERTISEMENT

Dari mancanegara, sentimen terhadap kondisi ekonomi di Kawasan Eropa pada Maret 2024 naik ke level tertinggi dalam tiga bulan terakhir di level 96,3. Akselerasi kondisi ekonomi tersebut mencangkup peran pelaku usaha dan konsumen. Kepercayaan industri meraih level tertinggi sejak 2023, sementara optimisme konsumen berada di level tertinggi sejak Februari 2022.

"Dari Wall Street, salah satu Gubernur The Fed, Christopher Waller menegaskan bahwa The Fed tidak terlalu cepat menurunkan suku bunga akibat inflasi masih diatas ekspektasi. Namun, Waller juga menegaskan bahwa pemangkasan suku bunga di tahun ini merupakan keniscayaan. Para pejabat The Fed memproyeksikan penurunan suku bunga tahun ini sebanyak 3 kali," tambahnya.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.