Note

BEI Wacanakan Seluruh Saham Dapat Diperdagangan Pra Pembukaan

· Views 27

Pasardana.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan melepas semua saham-saham untuk dapat diperdagangan pada sesi pra pembukaan atau pre opening guna menggenjot nilai transaksi.

Pasalnya, nilai Rata Rata Transaksi Harian Bursa (RNTH) sampai dengan 27 Maret 2024 'baru' tercatat sebesar Rp10,96 triliun.

Sedangkan target RNTH tahun 2024 sebesar Rp12,75 triliun.

Untuk itu, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa, Irvan Susandy menyampaikan, pihaknya tengah menyiapkan perubahan peraturan perdagangan saham pre opening dan pre closing.  

“Sekarang untuk sesi pra opening, saham-saham yang dapat diperdagangkan hanya saham yang ada dalam indeks LQ45 dan saham-saham yang ditentukan oleh BEI. Padahal untuk sesi pre closing sudah semua saham, ” kata dia di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Namun dia menilai, perlu adanya langkah taktis untuk menggenjot nilai transaksi harian, seperti melepas semua saham untuk dapat diperdagangkan pada sesi pre opening.

“Kita buka pre opening itu untuk seluruh saham. Tahun ini, insya allah agar biar lebih rame transaksinya,” jelas dia.

Untuk diketahui, sesi pra pembukaan dimulai pukul 08.45 - 08.59.59 WIB untuk perdagangan Senin-Jumat.

Jelasnya, pelaksanaan perdagangan di Pasar Reguler dimulai dengan Pra-pembukaan.

Anggota Bursa dapat memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli sesuai dengan ketentuan satuan perdagangan, satuan perubahan harga (fraksi) dan ketentuan auto rejection.

Harga pembukaan terbentuk berdasarkan akumulasi jumlah penawaran jual dan permintaan beli terbanyak yang dapat dialokasikan oleh JATS NEXT-G pada harga tertentu pada periode Pra-pembukaan.

Seluruh penawaran jual dan atau permintaan beli yang tidak teralokasi di Pra-pembukaan, akan diproses secara langsung (tanpa memasukkan kembali penawaran jual dan atau permintaan beli) pada sesi I perdagangan, kecuali harga penawaran jual dan atau permintaan beli tersebut melampaui batasan auto rejection.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.