Note

Saham GOTO Anjlok 5 Persen ke Bawah Rp70, Ada Kabar Apa?

· Views 12
Saham GOTO Anjlok 5 Persen ke Bawah Rp70, Ada Kabar Apa?
Saham GOTO Anjlok 5 Persen ke Bawah Rp70, Ada Kabar Apa? (Foto: GoTo)

IDXChannel – Saham emiten jasa ride-hailing & e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) amblas pada perdagangan Rabu (27/3/2024).

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 15.17 WIB, saham GOTO jatuh 5,71 persen ke Rp66 per saham, dengan nilai transaksi Rp82,13 miliar dan volume perdagangan 1,21 miliar saham.

Baca Juga:
Saham GOTO Anjlok 5 Persen ke Bawah Rp70, Ada Kabar Apa? Transaksi Tak Wajar, BEI Awasi Gerak Saham GPSO-COCO 

Sebenarnya, saham GOTO sempat menguat 4 hari beruntun sebelumnya usai pada Rabu (20/3) pekan lalu, ditutup ambruk 9,72 persen seiring investor merespons negatif rilis laporan keuangan perusahaan untuk tahun fiskal 2023.

Secara teknikal, dalam chart harian, GOTO tak mampu menembus resistance terdekat yang berada di level 71 yang merupakan garis moving average (MA) 20.

Baca Juga:
Saham GOTO Anjlok 5 Persen ke Bawah Rp70, Ada Kabar Apa? Harga Saham ke Bawah Gocap, Tumiyana Lepas 250 Juta Saham WMPP

Sementara, level support GOTO berada di kisaran 65-64.

Sementara, indikator momentum seperti ROC masih berada di area negatif. Demikian pula, indikator MACD yang masih di teritorial negatif.

Baca Juga:
Saham GOTO Anjlok 5 Persen ke Bawah Rp70, Ada Kabar Apa? Papan Pemantauan Khusus Tahap II Berlaku, Transaksi 220 Saham Pakai Skema Full Call Auction

Sebelumnya, berdasarkan laporan keuangan pada 19 Maret lalu, GOTO mencatatkan rugi bersih yang diatribusikan entitas induk senilai Rp90,39 triliun pada 2023, bengkak 128,43% year-on-year (yoy) dibandingkan 2022 yang mencapai Rp39,57 triliun. Sementara, rugi tahun berjalan yang diakui sebesar Rp90,51 triliun.

Ini terjadi akibat kerugian penurunan nilai goodwill GOTO yang diklaim sebesar Rp78,76 triliun. Secara operasional, kerugian GOTO melandai 66,10% yoy menjadi Rp10,27 triliun, dari periode 2022 yang sebesar Rp30,32 triliun.

Penurunan rugi sejalan dengan pertumbuhan pendapatan hingga efisiensi biaya dan beban. Hingga akhir 2023, GOTO membukukan pendapatan bersih Rp14,78 triliun, tumbuh 30,27% yoy, sedangkan total biaya-beban GOTO mencapai Rp25,06 triliun, alias berkurang 38,86% yoy.

Dalam keterangan resminya, manajemen mengakui rugi bersih Rp90,5 triliun dipicu oleh pencatatan pembalikan nilai goodwill (goodwill reversal) senilai Rp78,8 triliun sebagaimana diwajibkan oleh standar akuntansi keuangan yang berlaku.

“Ini merupakan dampak dari transaksi Tokopedia dan TikTok yang mengakibatkan hilangnya pengendalian GoTo terhadap Tokopedia dimulai 1 Februari 2024," terang manajemen. 

"Rugi yang diakibatkan pembalikan nilai goodwill tersebut bersifat tidak berulang (non-recurring), nonkas, dan tidak berdampak kepada EBITDA yang disesuaikan maupun arus kas Perseroan,” sambungnya.

Perseroan melaporkan EBITDA yang disesuaikan (adjusted EBITDA) positif untuk pertama kalinya sebesar Rp77 miliar pada kuartal IV-2023. Sementara untuk tahun buku 2023, adjusted EBITDA GOTO juga mengalami perbaikan menjadi minus Rp3,67 triliun, dari akhir tahun 2022 yang mencapai Rp16,01 triliun.

“Perseroan berharap dapat mencapai EBITDA yang disesuaikan impas (breakeven) secara Grup untuk keseluruhan tahun buku 2024, dan secara bersamaan menginvestasikan kembali pendapat yang diperoleh kepada kegiatan bisnis perseroan secara berkelanjutan, seiring upaya menuju pertumbuhan top line,” tutup Direktur Keuangan GOTO, Jacky Lo.

Aksi Buyback Saham

GOTO juga berencana akan melakukan pembelian kembali saham perseroan (share buyback) sebanyak-banyaknya USD200 juta atau setara Rp3,1 triliun.

Manajemen menjelaskan, implementasi dan realisasi atas rencana ini akan bergantung pada diperolehnya persetujuan dari regulator dan pemegang saham yang akan diajukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) berikutnya. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.