Note

Jembatan Baltimore Runtuh, Industri Otomotif AS Kena Getahnya

· Views 19
Jembatan Baltimore Runtuh, Industri Otomotif AS Kena Getahnya
Jembatan di Baltimore AS ambruk/Foto: REUTERS/Julia Nikhinson Purchase Licensing Rights
Jakarta

Runtuhnya jembatan utama Francis Scott di Baltimore, Maryland berdampak ke industri otomotif Amerika Serikat (AS). Pasalnya, kehancuran jembatan membuat akses menuju Pelabuhan Baltimore tertutup.

Sebanyak dua perusahaan otomotif, General Motors dan Ford mengaku harus mengubah rute pengiriman kendaraan dan suku cadang. Namun, kedua perusahaan menilai dampaknya tidak terlalu signifikan.

"Kami memperkirakan situasi ini tidak akan berdampak besar terhadap operasi kami. Kami sedang berupaya mengubah rute pengiriman kendaraan ke pelabuhan lain," ucap General Motors dalam keterangan resmi, dikutip dari Reuters, Selasa (26/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepala Staff Finansial Ford, John Lawler juga mengatakan runtuhnya jembatan bakal memaksa pihaknya untuk mengalihkan pengiriman suku cadang ke pelabuhan lain. Hal itu akan berpengaruh terhadap rantai pasok.

"Ini akan berdampak. Kami harus mengalihkan suku cadang ke pelabuhan lain. Ini mungkin akan sedikit memperpanjang rantai pasokan," ucap Lawler.

ADVERTISEMENT

Sementara dalam keterangan terpisah, Ford menyatakan bahwa pihaknya sudah mendapatkan pelabuhan alternatif untuk mengirimkan berbagai suku cadang tersebut.

Pelabuhan Baltimore diketahui salah satu pelabuhan tersibuk di AS yang menangani pengiriman mobil. Menurut data Administrasi Pelabuhan Maryland, 750 ribu kendaraan dikirim dari pelabuhan tersebut pada 2023. Kendaraan bermotor dan suku cadang menyumbang 42% dari seluruh impor di Pelabuhan Baltimore.

Menteri Transportasi AS, Pete Buttigieg mengatakan pihaknya sedang melihat dampak dari penutupan Pelabuhan Bartimore. Ia memperkirakan penutupan memiliki dampak besar dan berkepanjangan terhadap rantai pasok industri otomotif AS.

CEO Alliance for Automotive Innovation, John Bozella mengatakan bahwa disrupsi pasti bakal terjadi karena Baltimore pelabuhan otomotif nomor satu di AS

"Baltimore adalah pelabuhan mobil nomor satu di AS, kami sedang menghubungi pejabat federal untuk membantu mereka memahami skala operasi otomotif di sana," jelasnya.

Baltimore jadi jalur penting. Cek halaman berikutnya.

Halaman 1 2
Selanjutnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.