Note

Lebaran 2024, Masyarakat Diimbau Tidak Menukar Uang Dipinggir Jalan

· Views 24

Pasardana.id - Bank Indonesia (BI) mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan tukar uang layak edar (ULE), terutama untuk kebutuhan Ramadhan dan Lebaran, langsung ke layanan BI atau perbankan yang resmi.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Agus Susanto Pratomo mengatakan masyarakat yang terjangkau layanan bank terutama rekening tabungan, saat ini sudah bertambah banyak. Dengan begitu, masyarakat diharapkan dapat menukarkan uang untuk kebutuhan Hari Raya di layanan perbankan.

"Yang jelas makin lama makin ke sini itu makin berkurang (penukaran uang pinggir jalan) karena kami selalu mengimbau penukaran harus ke bank," kata dia di Jakarta, Selasa (26/3).

Agus mengimbau agar masyarakat menyadari adanya risiko yang mungkin muncul dari layanan penukaran uang di pinggir jalan. Karena, imbuh Agus, tidak menutup kemungkinan masih ada jasa penukaran uang di pinggir jalan yang ramai menjelang Idul Fitri.

"Saya mengimbau masyarakat aware, karena saya tidak garansi juga," ujar dia.

Banyak hal bisa terjadi jika melakukan penukaran uang di pinggir jalan. Sebut saja misalnya adanya ketidaksesuaian denominasi atau sengaja dicampur dengan uang palsu.

"Kalau di perbankan kan lebih aman," tandas dia. 

Sekedar infomasi, BI telah menambah titik penukaran uang dan diharapkan memberikan masyarakat pilihan penukaran uang. Setidaknya terdapat 449 titik layanan penukaran oleh Bank Indonesia yang daftarnya dapat dilihat pada laman PINTAR.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.