Note

Anak Usaha Waskita Genjot Lelang Aset buat Bayar Utang, Kejar Rp 300 M

· Views 24
Anak Usaha Waskita Genjot Lelang Aset buat Bayar Utang, Kejar Rp 300 M
Foto: PT Waskita Beton Precast Tbk (Istimewa)
Jakarta

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) melaporkan telah menyelesaikan pembayaran total Rp 230 miliar sebagai bagian proses restrukturisasi utang. Selain dari kas, strategi yang terus diupayakannya dalam menyelesaikan utang piutang ini ialah melalui lelang aset (asset disposal).

Director of Finance & Risk Management WSBP Asep Mudzakir mengatakan divestasi aset terhadap aset-aset nonproduktif menjadi salah satu strategi utama dalam meningkatkan manajemen aset.

"Di mana kita sudah identifikasi 72 aset dengan nilai lelang Rp 8,29 miliar, dengan hasil lelang Rp 11,23 miliar (pada 4 Maret)," kata Asep dalam Media Gathering, di Menteng, Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Asep mengatakan lelang ini merupakan tahap pertama. Ke depan, pihaknya masih akan melangsungkan lelang berikutnya dalam 5 tahun mendatang. Hal ini sejalan dengan masa restrukturisasi utang yang berlangsung dari 2023 sampai 2028.

"Di mana sampai 2028 kami menargetkan paling tidak minimal Rp 300 miliar tunai untuk menopang kegiatan WSBP nantinya dan sebagian akan kita gunakan untuk pembayaran utang PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang)," jelasnya.

ADVERTISEMENT

Khusus untuk tahun ini, lanjut Asep, pihaknya menargetkan akan ada pelepasan aset nonproduktif senilai Rp 50 miliar. Dengan demikian, dari total Rp 11,3 miliar yang dihasilkan, sudah 50% dari target.

Sementara dari sisi utangnya pihaknya telah menyelesaikan pembayaran kas dengan total Rp 230 miliar sebagai bagian proses restrukturisasi utangnya. Dana tersebut dibayarkan kepada kreditur bank, obligasi, hingga vendor.

"Total sampai Maret 2024 sudah membayarkan Rp 230 miliar. Atas penyelesaian sebagian utang melalui konversi ekuitas senilai Rp 1,43 triliun pada 4 Agustus 2023 dan konversi pemegang obligasi Rp 1,85 triliun per 12 Desember 2023. Dari sini kami melihat optimisme WSBP dalam memenuhi kewajiban homologasi ke depannya," terang Asep.

Lebih lanjut Asep mengatakan, pihaknya akan berfokus pada peningkatan kapasitas operasional dan finansial. Pihaknya belum berencana untuk mengandalkan pasar modal dalam membantu menopang perusahaan. Menurutnya untuk kembali masuk ke market, pihaknya harus menunjukkan performa yang matang dan menarik.

"Rasanya kalau mengandalkan performa 2 tahun terakhir rasanya belum cukup. Tapi kalau ditanya apakah kita akan ke market? Insyaallah kita akan mau ke market," kata Asep.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Halaman 1 2
Selanjutnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.