Note

2 Saham Pertama di BEI yang Terjun Bebas hingga Harganya Cuma Rp 1

· Views 14
2 Saham Pertama di BEI yang Terjun Bebas hingga Harganya Cuma Rp 1
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengimplementasikan Papan Pemantauan Khusus tahap II (full periodic call auction) sejak kemarin. Hasilnya hari ini ada 2 saham terjun bebas hingga harganya menyentuh level Rp 1.

Salah satu emiten tersebut yakni PT Sejahtera Bintang Abadi Textile Tbk (SBAT).

Dikutip dari data RTI, Selasa (26/3/2024), SBAT berada di level Rp 1 per saham siang ini. Seharian ini, saham tersebut tidak bergerak alias bertahan di level Rp 1 per saham.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hari ini, volume saham SBAT yang ditransaksikan sebanyak 8,55 juta dengan nilai transaksi Rp 8,55 juta. Saham tersebut ditransaksikan sebanyak 90 kali.

Setahun lalu, saham SBAT sempat berada Rp 50 per saham. Namun, saham tersebut kemudian menukik ke bawah hingga berada di level Rp 1.

ADVERTISEMENT

Saham perusahaan lain yang menyentuh level Rp 1 adalah PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT). Siang ini, saham perusahaan tersebut di level Rp 1.

MKNT dibuka pada level Rp 2 per saham hari ini. Kemudian, saham perusahaan melemah ke Rp 1 per saham.

Volume saham perusahaan yang ditransaksikan sebanyak 709,20 ribu saham dengan nilai transaksi Rp 965,90 ribu hari ini. Saham ini ditransaksikan sebanyak 44 kali.

Senada dengan SBAT, saham MKNT berada di level Rp 50 per saham setahun lalu. Namun, saham perusahaan terus melorot hingga menjadi Rp 1 per saham.

Sekadar informasi, Papan Pemantauan Khusus adalah Papan Pencatatan untuk Perusahaan Tercatat yang memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan oleh BEI. Implementasi Papan Pemantauan Khusus tahap II (full periodic call auction) merupakan tindak lanjut dari Papan Pemantauan Khusus tahap I (hybrid call auction) yang telah diimplementasikan sejak 12 Juni 2023.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Irvan Susandy mengatakan dengan adanya papan pemantauan khusus tahap II ini diharapkan bisa meningkatkan likuiditas saham perusahaan tercatat. Adapun implementasinya seluruh saham yang masuk dalam papan pemantauan khusus akan diperdagangkan secara periodic call auction yang terdiri dari 5 sesi periodic call auction dalam satu hari.

"Mekanisme periode call action order akan dikumpulkan terlebih dahulu dan akan match pada akhir sesi. Order-order yang dikumpulkan tersebut akan match pada setiap akhir sesi. Jadi misalnya setiap Senin-Kamis akan match pada 5 titik, yaitu titik pertama pukul 9.55-9.59, titik kedua 10.55-10.59, titik ketiga 11.55-11.59, titik keempat 14.55-14.59, dan titik terakhir 15.55-16.00," bebernya.

Terdapat 11 kriteria saham yang masuk dalam papan pemantauan khusus, salah satunya harga saham rata-rata 6 bulan terakhir di pasar reguler kurang dari Rp 51. Saham di papan pemantauan khusus ini bisa diperdagangkan sampai harga minimum Rp 1.

Auto rejection untuk saham dengan harga Rp 1-10 sebesar Rp 1, sedangkan untuk saham dengan harga di atas Rp10 sebesar 10%.

Lihat juga Video: Saham Nvidia Melonjak 16,4%, Lampaui Amazon-Alphabet

[Gambas:Video 20detik]




(acd/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.