Note

Pinta Sri Mulyani ke Bea Cukai Terkait Aturan Barang Bawaan ke Luar Negeri

· Views 35

Pasardana.id - Aturan mengenai membawa barang ke luar negeri yang mengharuskan wajib lapor Bea Cukai membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani ikut membuka suara.

Dalam konferensi pers APBN Kita, di Jakarta, Senin (25/3), Bendahara Negara ini mengatakan aturan barang bawaan ke luar negeri lapor Bea Cukai memiliki tujuan untuk mempermudah. Hanya saja, kata Menkeu, komunikasi yang dilakukan pihak Bea Cukai kepada masyarakat yang kurang efektif.

"Tujuannya mempermudah tapi mungkin komunikasinya perlu lebih disederhanakan dan diperjelas sehingga tidak menimbulkan berbagi reaksi yang kemudian meresahkan," ujarnya.

Menkeu pun meminta kepada Bea Cukai untuk memperjelas aturan yang sebetulnya tujuannya untuk mempermudah calon penumpang ke luar negeri. 

"Saya sudah minta kepada Bea Cukai untuk barang bawaan tadi yang tujuannya sebenarnya untuk membantu teman-teman yang melakukan kegiatan event di luar negeri yang membawa barang banyak, bahkan termasuk juga dari UMKM yang melakukan ekshibisi itu sering komplikasinya di dalam membawa kembali barangnya ke Indonesia," bebernya.

Sebagai informasi, aturan barang bawaan penumpang ke luar negeri ini sendiri diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.04/2017.

Direktur Jenderal (Direjen) Bea dan Cukai Askolani mengatakan aturan barang bawaan itu untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan. Namun, kebijakan itu sangat minim digunakan penumpang. 

"Tapi selama ini kebijakan itu sangat minimal dipakai oleh para penumpang. Sebab memang secara lazim kita pun dengan tidak mencatat itu tetap memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan terhadap penumpang," ujarnya.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.