Note

Dua Emiten Ini Digembok Bursa, Ada yang Anjlok 45% Sebulan!

· Views 31
Dua Emiten Ini Digembok Bursa, Ada yang Anjlok 45% Sebulan!
Ilustrasi IHSG - Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

PT Bursa Efek Indonesia melakukan penghentian sementara perdagangan saham dua perusahaan yaitu PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk (LMAX) dan PT Sona Topas Tourism Industry Tbk. Bursa mengatakan, telah terjadi penurunan harga saham yang signifikan pada emiten otomotif ini.

Langkah suspensi, kata Bursa, adalah dalam rangka perlindungan bagi investor. Suspensi juga berlaku untuk perdagangan waran seri I LMAX-W.

"Sehubungan dengan terjadinya penurunan harga kumulatif yang signifikan pada Saham PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk (LMAX), dalam rangka cooling down sebagai bentuk perlindungan bagi Investor, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham & Waran Seri I PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk (LMAX & LMAX-W)," tulis Bursa di keterbukaan informasi, dikutip Senin (25/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun suspensi berlaku pada perdagangan tanggal 25 Maret 2024. Dalam sepekan terakhir harga saham LMAX terpantau turun hingga 14,06%. Sementara dalam sebulan, harga saham LMAX anjlok hingga 45%, dan kini diperdagangkan di level 55 per lembar sahamnya.

Selain LMAX, Bursa juga melakukan suspensi terhadap perdagangan saham PT Sona Topas Tourism Industry Tbk. (SONA). Bursa menyebut terjadi peningkatan harga saham yang signifikan pada emiten sektor pariwisata ini.

ADVERTISEMENT

"Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada Saham. (SONA), dalam rangka cooling down sebagai bentuk perlindungan bagi Investor, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham PT Sona Topas Tourism Industry Tbk. (SONA)," jelas Bursa.

Suspensi juga berlaku pada perdagangan tanggal 25 Maret 2024, berlaku di pasar tunai dan pasar reguler. Harga saham SONA tercatat melonjak 94,29% dalam waktu sepekan. Dalam sebulan, harga saham ini melesat hingga 141,13%, dan kini diperdagangkan di level 1.700 per lembar saham.

Bursa menyebut pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan.

Lihat juga Video: Respons Jokowi soal Isu Masuk Bursa Calon Ketum Golkar

[Gambas:Video 20detik]



(ily/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.