Note

RI Bidik Kerja Sama Litbang Teknologi Mobil Listrik-Semikonduktor ke Vietnam

· Views 15
RI Bidik Kerja Sama Litbang Teknologi Mobil Listrik-Semikonduktor ke Vietnam
Acara Meet Indonesia - Foto: Dok. Kemenko Perekonomian
Jakarta

Kedutaan Besar Indonesia di Hanoi bersama Kementerian Luar Negeri Vietnam dan Pemerintah Provinsi Khanh Hoa menggelar acara Meet Indonesia. Ini merupakan ajang pertemuan pemerintah dan pelaku bisnis antara Indonesia dan Vietnam untuk menjaring berbagai peluang kerja sama.

Selain saling berbagi informasi pembangunan sektor strategis, acara tersebut juga mempertemukan kemitraan bisnis pada sektor pertanian, perikanan, pariwisata, digital ekonomi, transisi energi, dan industri mutakhir.

Indonesia dan Vietnam berencana untuk memperkuat kemitraan ekonomi sektor strategis melalui penguasaan teknologi mutakhir. Hal ini merupakan pembicaraan utama dalam pertemuan bilateral antara Deputi Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Minh Hang dengan Deputi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Edi Prio Pambudi di tengah acara yang diselenggarakan di Nha Trang, Kota Pesisir Provinsi Khanh Noa tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nguyen Min Hang menyampaikan peluang kemitraan ekonomi sektor strategis datang pada momen yang tepat menjelang perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Vietnam yang memiliki pondasi persahabatan yang kuat.

"Saya ingin sebuah dialog tingkat Deputi Menteri untuk membahas berbagai isu kemitraan ekonomi yang penting," kata Nguyen dalam keterangan resmi Kemenko Perekonomian, Minggu (24/3/2024).

ADVERTISEMENT

Sebagai sesama negara yang tengah berkembang pesat dan anggota ASEAN, Nguyen Min Hang menilai banyak sekali kemiripan upaya Vietnam dengan Indonesia yang perlu dikolaborasikan untuk memanfaatkan peluang dari dinamika dunia saat ini, antara lain penguasaan teknologi di berbagai sektor.

Nguyen juga mengucapkan selamat atas keberhasilan Indonesia dalam melaksanakan Pemilu dan dimulainya diskusi aksesi Indonesia ke OECD. Sebagai anggota G20 dan ASEAN, Nguyen menilai Indonesia adalah mitra yang strategis bagi Vietnam.

Sementara itu, Edi Prio juga menyambut baik usulan Vietnam untuk memperkuat kemitraan ekonomi sektor strategis. Dia menyampaikan Indonesia tertarik dengan kemajuan investasi di bidang industri mutakhir Vietnam yang berkembang pesat, seperti mobil listrik, semikonduktor, teknologi telekomunikasi dan digital, selain teknologi pertanian dan perikanan.

Untuk itu penting bagi Indonesia bermitra melalui pengembangan riset dan pengembangan (R&D), pertukaran kesempatan kerja serta pelatihan bagi talenta digital dan enjiner serta saling mempermudah untuk membuka pintu investasi.

"Sejak lama kami ingin membentuk sebuah forum kemitraan ekonomi strategis dengan Vietnam," ungkap Edi.

Edi telah menyerahkan konsep perjanjian kemitraan melalui jalur diplomatik dan berharap dapat segera disepakati. Perjanjian tersebut nantinya akan menjadi payung untuk mewadahi kerjasama ekonomi strategis dengan keluaran kongkrit, khususnya manfaat bagi para enjiner dan talenta digital untuk bersama-sama menguasai teknologi maju.

Indonesia dan Vietnam sudah bermitra dalam beberapa forum selain ASEAN, seperti IPEF dan RCEP perlu memperkuat integrasi ekonomi di ASEAN.

Edi juga meminta bantuan Vietnam sebagai anggota Great Mekong Sub-region (GMS), yang menjadi wadah kerja sama sub-regional ASEAN di wilayah ASEAN kontinen, untuk berkomunikasi dengan mitra GMS lainnya.

(hal/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.