Note

Gelar RUPST Akhir April, Tugu Insurance (TUGU) Berpotensi Bagi Dividen

· Views 33
Gelar RUPST Akhir April, Tugu Insurance (TUGU) Berpotensi Bagi Dividen
Gelar RUPST Akhir April, Tugu Insurance (TUGU) Berpotensi Bagi Dividen (foto: MNC media)

IDXChannel - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU), atau Tugu Insurance, bakal segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin 29 April 2024 mendatang.

Berdasarkan Keterbukaan Informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Pemegang saham yang berhak menghadiri atau diwakili dalam Rapat adalah Pemegang Saham terdaftar pada penutupan perdagangan 4 April 2023.

Baca Juga:
Gelar RUPST Akhir April, Tugu Insurance (TUGU) Berpotensi Bagi Dividen Lagi, Asuransi Tugu (TUGU) Kantongi Rating A- dari Pemeringkat Asuransi Global

"Merujuk pada Anggaran Dasar Perseroan dan POJK 15/2020 bahwa satu Pemegang Saham atau lebih yang mewakili 1/20 (satu per dua puluh) atau lebih dari jumlah seluruh saham dengan hak suara dapat mengusulkan mata acara Rapat secara tertulis kepada Direksi paling lambat 7 hari sebelum Pemanggilan Rapat yaitu pada tanggal 29 Maret 2024 dengan menyertakan alasan dan bahan usulan mata acara Rapat sebagaimana dimaksud sepanjang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tulis keterbukaan informasi TUGU, Kamis (21/3/2023).

RUPS Tahunan tersebut akan diselenggarakan secara fisik dan elektronik melalui fasilitas Electronic General Meeting System KSEI (eASY.KSEI). 

Baca Juga:
Gelar RUPST Akhir April, Tugu Insurance (TUGU) Berpotensi Bagi Dividen Sikapi Rencana Perubahan Aturan Modal Minimal, Asuransi Tugu (TUGU) Dinilai Siap

"Kami menghimbau kepada Para Pemegang Saham untuk hadir dan memberikan suaranya dalam Rapat melalui eASY.KSEI atau memberikan kuasa melalui fasilitas eASY.KSEI yang disediakan oleh KSEI atau memberikan kuasa secara konvensional kepada perwakilan independen yang akan ditunjuk Perseroan dengan menggunakan formulir yang disediakan Perseroan dan dapat diunduh di situs web Perseroan pada tanggal Pemanggilan Rapat yaitu tanggal 5 April 2024," tulis informasi dari TUGU.

RUPS Tahunan TUGU merupakan salah satu yang ditunggu para investor ritel mengingat emiten mencatatkan pertumbuhan kinerja yang tinggi selama 2023. Meski demikian, emiten ini belum mempublikasi laporan keuangan full year 2023.

Baca Juga:
Gelar RUPST Akhir April, Tugu Insurance (TUGU) Berpotensi Bagi Dividen Laba Bersih Sentuh All Time High, Begini Jeroan Asuransi Tugu (TUGU)

Hingga kuartal III-2023, TUGU mencatatkan laba bersih sebesar Rp 1,13 triliun naik 4,3x dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Laba bersih TUGU yang mengalami kenaikan pesat ditopang oleh pertumbuhan pendapatan premi neto, pendapatan investasi dan pendapatan usaha lainnya.

Untuk diketahui, pendapatan premi neto TUGU hingga September 2023 tercatat mencapai Rp2,3 triliun atau naik 15 persen secara year-on-year (yoy). Selain pendapatan premi neto yang tumbuh double digit, kinerja keuangan TUGU juga ditopang oleh beban komisi neto yang hanya tumbuh lima persen yoy sehingga mendorong pendapatan underwriting dapat naik 17 persen yoy.

Di luar pendapatan underwriting, pendapatan investasi TUGU juga naik signifikan di waktu yang sama yaitu mencapai 66 persen yoy. Total pendapatan investasi perusahaan asuransi tersebut hingga September 2023 mencapai Rp423 miliar dari periode yang sama tahun sebelumnya hanya Rp254 miliar.

Total pendapatan yang diperoleh TUGU hingga akhir kuartal III-2023 tercatat mencapai Rp2,74 triliun atau naik 24 persen yoy dari tahun sebelumnya Rp2,21 triliun.

Kenaikan laba bersih pada 2023, diharapkan akan meningkatkan pembayaran dividen pada tahun ini. Pada Desember 2023 lalu, Tugu Insurance telah membagikan dividen interim tahun buku 2023 Rp25,51 per saham atau totalnya Rp90,71 miliar.

Jumlah dividen yang dibagikan ini hanya 8,06 persen dari laba bersih TUGU per akhir September 2023 yang mencapai Rp1,12 triliun.

Setelah dividen interim, saat ini para pemegang saham menantikan pengumuman dividen final dari Tugu Insurance yang besarannya akan diputuskan pada RUPS Tahunan mendatang. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.