Note

Akuisisi Perusahaan Obat Australia Rp2,67 Triliun, Saham Pyridam Farma (PYFA) Melejit

· Views 20
Akuisisi Perusahaan Obat Australia Rp2,67 Triliun, Saham Pyridam Farma (PYFA) Melejit
Akuisisi Perusahaan Obat Australia Rp2,67 Triliun, Saham Pyridam Farma (PYFA) Melejit (Foto MNC Media)

IDXChannel - Emiten farmasi, PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) melalui perusahaan terkendalinya PYFA Australia Pty Ltd (PAPL) akan mengakuisisi seluruh saham yang telah dikeluarkan Probiotec. 

"Rencana pengambilalihan atas seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh Probiotec oleh PAPL dengan nilai rencana transaksi AUD251,32 juta," kata manajemen PYFA dalam keterbukaan informasi BEI, Jumat (22/3/2024).

Baca Juga:
Akuisisi Perusahaan Obat Australia Rp2,67 Triliun, Saham Pyridam Farma (PYFA) Melejit Laba Pyridam Farma (PYFA) Naik 4.900 Persen di 2022, Ini Pemicunya

Jika dihitung dengan asumsi kurs Rp10.572 per AUD, maka nilai transaksi tersebut setara dengan Rp2,67 triliun. 

"PAPL melakukan pembelian atas 81,32 juta saham biasa dan 2,45 juta performance rights pada Probiotec Limited dan Entitas Anaknya (Probiotec) dengan harga AUD3 per saham, sehingga nilai akuisisi adalah sebesar AUD251,32 juta atau sebesar Rp2,67 triliun (kurs Rp10.572 per AUD)," paparnya. 

Baca Juga:
Akuisisi Perusahaan Obat Australia Rp2,67 Triliun, Saham Pyridam Farma (PYFA) Melejit Pyridam Farma (PYFA) Percepat Buyback Obligasi Rp307,03 Miliar

PYFA Australia Pty Ltd adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Australia dan berbasis di Melbourne, yang 100% sahamnya dimiliki oleh perseroan.

PAPL didirikan untuk melakukan aktivitas perusahaan holding yang didirikan dengan tujuan untuk mengakuisisi dan memiliki seluruh saham Probiotec. Hingga tanggal Keterbukaan Informasi ini, PAPL belum beroperasi secara komersial sehingga belum memulai kegiatan usaha.

Baca Juga:
Akuisisi Perusahaan Obat Australia Rp2,67 Triliun, Saham Pyridam Farma (PYFA) Melejit Catat Rugi, Kinerja PYFA Turun 130,96% Yoy di 2023

Sedangkan Probiotec Limited adalah perusahaan bermarkas di Australia dan merupakan produsen serta pengemas berbagai produk farmasi yang membutuhkan resep ataupun dijual bebas (OTC).

Adapun total seluruh saham beredar Probiotec adalah sebanyak 81,32 juta saham. Saham-saham ini dimiliki publik dengan persentase 57,466 persen atau sebanyak 46,73 juta. Kemudian HSBC Custody Nominees (Australia) Limited mengempit 15,78 juta saham atau 19,402 persen.

Halaman : 1 2 3

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.