Note

RI Bakal Gandeng China buat Gali Potensi Laut

· Views 18
RI Bakal Gandeng China buat Gali Potensi Laut
Luhut Binsar Pandjaitan - Foto: Dok. Kementerian Keuangan
Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan Indonesia tengah melakukan penelitian untuk mengeksplorasi perairan Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggandeng China.

Sebagai negara kepulauan terbesar, Luhut menyebut laut Indonesia belum sepenuhnya tereksplorasi. Menurutnya, untuk melakukan hal tersebut, dibutuhkan teknologi yang canggih dengan biaya yang besar.

Untuk itulah, Indonesia melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Institute of Deep Sea Science and Engineering - China Academy of Sciences (IDSSE-CAS) Tiongkok.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Misi penelitian ini adalah memanfaatkan Kapal Riset Tan-Suo-Yi-Hao dengan membawa wahana kapal selam berawak (HOV) Fendhouze, yang dapat menyelam hingga kedalaman 11.000 meter," katanya dalam akun Instagram pribadi luhut.pandjaitan, Jumat (22/3/2024).

Selain itu, misi kali ini Luhut bilang juga akan memecahkan rekor penyelaman terdalam yang dilakukan Indonesia. Luhut mengatakan kapal Tan Suo Yi Hao merupakan induk dari kapal selam berawak sepanjang 4.500 meter.

ADVERTISEMENT

Sambil membangun kapabilitas teknologi penelitian Indonesia, Luhut menjelaskan Indonesia berkolaborasi dengan negara lain untuk mengeksplorasi laut terdalam di Palung Jawa.

Dia pun terkagum dengan keberhasilan tim yang mengumpulkan sejumlah besar sampel yang diambil dari gambar dan video resolusi tinggi melalui HOV Fenfouzhe. Sampel-sampel ini memiliki banyak potensi untuk diteliti, mulai dari megathrust, aplikasi di obat-obatan, dampak perubahan iklim, dan lainnya.

Dia berharap penelitian ini dapat menemukan potensi produk dan solusi inovatif untuk berbagai bidang, seperti kedokteran atau bioteknologi.

"Yang paling penting adalah peluang untuk mempelajari potensi gempa dan tsunami dalam kaitannya dengan sistem penanggulangan kebencanaan. Dengan demikian, manfaat dari semua sisi baik ekonomi, pengembangan teknologi, bahkan ketidaknyamanan terhadap pelestarian lingkungan akan dinikmati oleh anak cucu kita di masa mendatang," jelasnya.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.