Note

Selain GOTO, Tiga Emiten Ini Juga Bakal Buyback Saham

· Views 17
Selain GOTO, Tiga Emiten Ini Juga Bakal Buyback Saham
Selain GOTO, Tiga Emiten Ini Juga Bakal Buyback Saham. (Foto: Freepik)

IDXChannel – Beberapa emiten tengah berencana untuk melakukan pembelian kembali (buyback) sahamnya demi memberikan sinyal positif kepada para investor dan menjaga stabilitas harga saham perusahaan.

GOTO

Baca Juga:
Selain GOTO, Tiga Emiten Ini Juga Bakal Buyback Saham Menghitung Beban GOTO dan Grab Jika Bayar THR Ojol di Lebaran 2024

Emiten jasa ride-hailing & e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), misalnya, tengah menyusun rencana alokasi modal yang mencakup inisiatif pembelian kembali saham perseroan sebanyak-banyaknya USD200 juta atau setara Rp3,1 triliun.

Nantinnya, implementasi dan realisasi atas rencana ini akan bergantung pada diperolehnya persetujuan dari regulator dan pemegang saham yang akan diajukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) berikutnya.

Baca Juga:
Selain GOTO, Tiga Emiten Ini Juga Bakal Buyback Saham Tambah Modal, Transpower (TPMA) Rights Issue 1,13 Miliar Saham

"Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan akan melakukan peninjauan secara berkala terhadap rencana pembelian kembali tersebut dan mungkin melakukan perubahan atau penyesuaian apabila diperlukan," ujar Direktur Utama GOTO, Patrick Walujo, dalam keterangan resminya, Selasa (19/3/2024).

Sebagai informasi, GoTo mempertahankan posisi kas dan posisi keuangan yang solid dengan kas, setara kas, dan deposito jangka pendek senilai Rp27,4 triliun per akhir Desember tahun lalu. 

Baca Juga:
Selain GOTO, Tiga Emiten Ini Juga Bakal Buyback Saham Emiten Baja (GGRP) Jual Saham Anak Usaha Rp4,92 Triliun ke Tiga Investor

SCNP

Perusahaan manufaktur perangkat rumah tangga & alat kesehatan PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) juga akan melakukan buyback saham dengan alokasi dana sebanyak-banyaknya Rp50 miliar untuk membeli sebanyak-banyaknya 250 juta saham dalam waktu paling lama 12 bulan setelah tanggal RUPST.

Jumlah buyback saham tersebut setara dengan 10,00% dari total saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh oleh perseroan.

SCNP akan menggelar RUPST pada 23 April mendatang.

Terkait aksi ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah memberikan sejumlah pertanyaan kepada pihak SCNP. Maklum, menurut bursa, SNCP belum memenuhi free float.

Jumlah kepemilikan saham oleh masyarakat (masing-masing di bawah 5%) hanya sebesar 4,45%, di bawah ambang batas (threshold) free float otoritas yang sebesar 7,5%.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.