Note

Wall Street Ditutup Capai Rekor Tertinggi, Dow Jones Menguat 0,68 Persen

· Views 28
Wall Street Ditutup Capai Rekor Tertinggi, Dow Jones Menguat 0,68 Persen
Wall Street Ditutup Capai Rekor Tertinggi, Dow Jones Menguat 0,68 Persen (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Tiga indeks saham utama Wall Street pada perdagangan Kamis (21/3/2024) waktu setempat, mencatat rekor penutupan tertinggi untuk hari kedua berturut-turut. 

Hal itu terjadi setelah Federal Reserve meyakinkan investor tentang prospek penurunan suku bunga tahun ini sementara saham-saham chip menguat setelah perkiraan optimis Micron Technology.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Capai Rekor Tertinggi, Dow Jones Menguat 0,68 Persen Wall Street Kucurkan Rp530 Triliun untuk Bonus Karyawan pada 2023

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 269,24 poin, atau 0,68%, menjadi 39.781,37, S&P 500 (.SPX) naik 16,91 poin, atau 0,32%, menjadi 5.241,53 dan Nasdaq Composite ( .IXIC) memperoleh 32,43 poin, atau 0,20%, menjadi 16.401,84.

Tiga indeks utama juga telah mencapai rekor tertinggi harian baru pada hari Kamis sebelumnya dan Dow Jones mengakhiri hari kurang dari 1% dari 40,000 untuk pertama kalinya.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Capai Rekor Tertinggi, Dow Jones Menguat 0,68 Persen Wall Street Dibuka Tumbang Jelang Keputusan Suku Bunga The Fed

Saham Micron Technology (MU.O) berakhir naik lebih dari 14% setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa menyusul laba kuartalan yang mengejutkan dan perkiraan pendapatan kuartal ketiga di atas perkiraan.

Broadcom (AVGO.O) berakhir naik 5,6% setelah TD Cowen meningkatkan peringkat sahamnya menjadi "outperform". Saham Nvidia (NVDA.O) juga mendapat dorongan besar karena bertambah lebih dari 1%, sedangkan indeks Philadelphia Semiconductor (.SOX) menguat 2,3%.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Capai Rekor Tertinggi, Dow Jones Menguat 0,68 Persen Wall Street Ditutup Menguat usai The Fed Tahan Suku Bunga

Indeks saham AS juga mencapai rekor penutupan pada hari Rabu setelah para gubernur bank sentral AS mempertahankan biaya pinjaman tidak berubah dan mengindikasikan bahwa mereka masih memperkirakan akan menurunkan suku bunga sebesar tiga perempat poin persentase pada akhir tahun 2024.

“Hasil pendapatan menjadikan semikonduktor sebagai pemimpin pasar tetapi secara lebih luas risiko berasal dari sikap dovish Fed pada hari Rabu,” kata Matthew Miskin, Co-Chief Investment Strategist di John Hancock Investment Management.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Capai Rekor Tertinggi, Dow Jones Menguat 0,68 Persen Wall Street Melejit Sambut Rencana The Fed Pangkas Suku Bunga

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan kebijakan The Fed pada hari Rabu bahwa laporan inflasi "belum benar-benar mengubah keseluruhan cerita, yaitu inflasi bergerak turun secara bertahap dengan jalan yang terkadang bergelombang hingga mencapai 2%."

Namun Miskin dari John Hancock mempertanyakan apakah The Fed terlalu optimis terhadap inflasi dan penurunan suku bunga.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Capai Rekor Tertinggi, Dow Jones Menguat 0,68 Persen Wall Street Ditutup Menguat Jelang Pertemuan The Fed

"Mereka membuka pintu untuk membiarkan risiko inflasi meresap kembali ke pasar. Memang belum terjadi, tapi ini adalah risiko yang mungkin terjadi pada akhir tahun ini," katanya.

Namun sementara itu, data ekonomi yang dirilis pada Kamis pagi menambah sentimen bullish investor.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga turun pada minggu lalu, sementara penjualan rumah yang dimiliki sebelumnya meningkat terbesar dalam satu tahun pada bulan Februari, yang merupakan tanda bahwa perekonomian tetap pada pijakan yang kuat pada kuartal pertama.

“Perekonomian ini terus melampaui ekspektasi dan pasar menyambut baik setiap menitnya,” kata Miskin.

Sembilan dari 11 sektor industri utama S&P 500 menguat, dengan sektor industri (.SPLRCI) memimpin kenaikan dan berakhir naik 1%. Sektor yang paling lemah adalah utilitas (.SPLRCU) yang berakhir turun 0,2%, diikuti oleh penurunan 0,17% pada layanan komunikasi (.SPLRCL) yang mengalami hambatan terbesar dari Alphabet (GOOGL.O) turun 0,8%.

Goldman Sachs (GS.N) ditutup naik 4,4%, memimpin kenaikan di Dow dan sektor bank yang sensitif terhadap suku bunga. Sektor bank S&P 500 (.SPXBK) bertambah 1,7%.

Apple (AAPL.O) melawan tren pasar dengan ditutup turun 4,1% setelah Departemen Kehakiman AS menggugat pembuat iPhone tersebut, upaya antimonopoli besar pertama terhadap perusahaan tersebut oleh pemerintahan Biden, dengan tuduhan perusahaan tersebut memonopoli pasar ponsel pintar.

Saham penyedia layanan TI Accenture anjlok 9% setelah memangkas perkiraan pendapatan tahun fiskal 2024, karena ketidakpastian ekonomi mendorong kliennya mengurangi pengeluaran layanan konsultasi.

Saham Reddit ditutup pada USD50,44 setelah mulai diperdagangkan di Bursa Efek New York untuk pertama kalinya dengan harga USD47, 38% di atas harga penawaran umum perdana USD34.

Saham-saham yang naik melebihi jumlah saham-saham yang turun dengan rasio 2,34 banding 1 di NYSE yang menunjukkan 918 harga tertinggi baru dan 56 harga terendah baru.

Di Nasdaq Composite, 1.776 saham naik dan 1.400 saham melemah karena jumlah saham yang naik melebihi jumlah saham yang turun dengan rasio 1,27 banding 1.

S&P 500 membukukan 116 titik tertinggi baru dalam 52 minggu dan satu titik terendah baru, sedangkan Nasdaq mencatat 365 titik tertinggi baru dan 59 titik terendah baru.

Di bursa AS, 11,43 miliar lembar saham berpindah tangan dibandingkan dengan rata-rata pergerakan 12,39 miliar dalam 20 sesi terakhir.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.