Note

EUR/USD: analisis teknikal pada 21 Maret. Jerome Powell menjatuhkan USD tanpa mengetahuinya

· Views 23

Halo, para trader! Pada hari Rabu, pasangan EUR/USD melakukan pembalikan ke arah mata uang Eropa dan mengonsolidasikan di atas level koreksi 38.2% dan 50.0%. Dengan demikian, instrumen ini mungkin akan memperpanjang pertumbuhannya menuju level Fibonacci berikutnya sebesar 61.8% di 1.0970. Namun, menurut pendapat saya, pertumbuhan mata uang Eropa kali ini tidak akan berlangsung lama. Sudah hari ini, jika harga menetap di bawah 1.0918, hal ini akan berdampak menguntungkan bagi dolar AS. Jadi, EUR/USD akan melanjutkan penurunannya menuju 1.0866 dan 1.0801.

EUR/USD: analisis teknikal pada 21 Maret. Jerome Powell menjatuhkan USD tanpa mengetahuinya

Situasi gelombang masih cukup jelas. Gelombang naik terakhir yang selesai dengan percaya diri menembus puncak gelombang sebelumnya dari tanggal 22 Februari. Gelombang turun terakhir yang selesai gagal menembus rendah gelombang sebelumnya dari tanggal 29 Februari. Oleh karena itu, saat ini, EUR/USD telah mengikuti tren bullish dan tidak ada tanda gelombang tunggal yang menunjukkan penyelesaian. Gelombang naik baru telah muncul. Untuk menentukan perubahan sentimen menjadi bearish, harus lebih lemah dari gelombang sebelumnya (tidak boleh menembus puncak 8 Maret). Saya mengandalkan skenario ini.

Latar belakang informasi pada hari Rabu sangat kuat. Pertama, Christine Lagarde memberikan pidato. Kemudian selama sesi New York, para trader mengetahui hasil pertemuan kebijakan Fed. Lagarde mengatakan dia mengharapkan inflasi akan terus menurun yang akan memungkinkan ECB untuk mempertimbangkan pelonggaran kebijakan moneter pada awal musim panas. Jerome Powell, pada gilirannya, mengumumkan bahwa tingkat saat ini akan tetap pada level yang sama tingginya. Selain itu, Federal Reserve mempertahankan proyeksi suku bunga untuk tahun 2024. Proyeksi inflasi untuk tahun ini dan tahun depan hanya sedikit ditingkatkan. Untuk merangkum, saya akan menentukan hasil pertemuan Fed sebagai netral, tetapi para trader tampaknya mengantisipasi sesuatu yang lebih. Mungkin mereka berpikir laporan inflasi terbaru akan mendorong pesan lebih hawkish dari Jerome Powell. Secara praktis, Ketua Fed tidak terdengar terlalu hawkish yang sangat mengecewakan. Tetapi saya tidak berpikir dolar AS akan memperpanjang kelemahannya sekarang.

EUR/USD: analisis teknikal pada 21 Maret. Jerome Powell menjatuhkan USD tanpa mengetahuinya

Pada grafik 4 jam, EUR/USD melakukan pembalikan ke arah mata uang euro. Harga mulai naik menuju level koreksi Fibonacci sebesar 61.8% di 1.0959. Divergensi bearish sudah mulai terbentuk pada indikator CCI, yang memungkinkan kita untuk memprediksi urutan bearish baru setelah mengonsolidasikan di bawah saluran tren naik. Lonjakan harga dari 1.0959 juga akan berdampak menguntungkan bagi mata uang AS. Hanya konsolidasi di atas 1.0959 yang akan menghancurkan harapan para bears dan memungkinkan para banteng untuk mendorong harga ke arah level Fibonacci berikutnya sebesar 76.4% di 1.1081.

Laporan Commitments of Traders (COT):

EUR/USD: analisis teknikal pada 21 Maret. Jerome Powell menjatuhkan USD tanpa mengetahuinya

Dalam minggu laporan terakhir, spekulator menutup 3,027 kontrak long dan 14,123 kontrak short. Sentimen kelompok Non-komersial tetap bullish namun terus melemah. Jumlah total kontrak long sekarang adalah 194K, dan kontrak short – 119K. Saya masih percaya bahwa situasi akan terus berubah mendukung bears. Di kolom kedua, kita melihat bahwa jumlah posisi short telah meningkat dari 83K menjadi 119K selama 2.5 bulan terakhir. Selama periode yang sama, jumlah posisi long turun dari 235K menjadi 194K. Bulls telah mendominasi pasar terlalu lama, dan sekarang mereka memerlukan latar belakang informasi yang kuat untuk menjaga tren bullish. Saya tidak melihat hal tersebut terjadi dalam waktu dekat.

Kalender ekonomi untuk AS dan UE:

UE: PMI manufaktur Jerman akan dirilis pada pukul 08:30 UTC

UE: PMI jasa Jerman akan dirilis pada pukul 08:30 UTC

UE: PMI manufaktur akan dirilis pada pukul 08:30 UTC

UE: PMI jasa akan dirilis pada pukul 08:30 UTC

AS: klaim pengangguran awal akan dirilis pada pukul 12:30 UTC

AS: PMI manufaktur S&P Global akan dirilis pada pukul 13:45 UTC

AS: PMI jasa S&P Global akan dirilis pada pukul 13:45 UTC

AS: penjualan rumah yang ada akan dirilis pada pukul 14:00 UTC

Kalender ekonomi berisi banyak laporan baik untuk AS maupun UE. Latar belakang informasi kemungkinan akan memberikan pengaruh yang kuat terhadap sentimen pasar.

Outlook intraday dan tips trading:

Kita bisa menjual EUR/USD hari ini jika harga memantul dari 1.0959 pada grafik 4 jam dengan target di 1.0918 dan 1.0866. Anda juga bisa membuka posisi short ketika instrumen menutup di bawah 1.0918 pada grafik 1 jam dengan target di 1.0866 dan 1.0801. Posisi long relevan jika EUR/USD mengonsolidasikan di atas 1.0866 pada grafik 1 jam dengan target di 1.0918 dan 1.0959. Tujuan pertama telah tercapai. Saya pikir posisi long bisa ditutup.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.