Note

IHSG Sepanjang Hari Betah di Zona Hijau

· Views 31
IHSG Sepanjang Hari Betah di Zona Hijau
Ilustrasi saham - Foto: Getty Images/iStockphoto/Orientfootage
Jakarta

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini betah di zona hijau. Dari data RTI disebutkan hari ini IHSG ditutup pada level 7.338 atau menguat 7,2 poin atau 0,10%.

IHSG sepanjang hari berada di level 7.396 dan terendah di level 7.336. Volume tercatat 16.604 miliar dan turnover Rp 11,17 triliun dengan frekuensi 1.192.786 kali.

Ada 306 saham yang menguat dan 204 saham yang melemah dan 254 saham yang tak bergerak. Saham di bursa Asia mayoritas mengalami penguatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti Nikkei 225 tercatat menguat 2,03%, lalu Hang Seng menguat 1,93%, Shanghai Composite Index melemah 0,08%. Lalu Straits Times Index menguat 1,35%. Lalu LQ45 Index menguat 0,19%.

Associate Director Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nicodemus, pasar sudah merasakan sentimen positif hasil pemilu sejak pengumuman quick count atau hitung cepat. Perolehan suara dengan jarak yang terpaut jauh telah mendorong penguatan IHSG.

ADVERTISEMENT

"Sebetulnya kalau kita tilik dari dampak, sejak hasil quick count kemarin pelaku pasar dan investor juga sudah merasakan dampak dari hasil tersebut. Karena sejauh ini, terlepas dari sentimen negatif, karena jaraknya terpaut jauh dapat dikatakan telah menjadi vitamin yang mana kala itu kita sama-sama tahu telah mendorong IHSG mengalami penguatan," katanya saat dihubungi detikcom, Kamis (21/3/2024).

Namun, kata dia, yang ditunggu oleh investor bukan sekadar penetapan kemenangan Prabowo-Gibran, melainkan situasi setelah itu. Drama yang terjadi setelah pengumuman KPU akan mempengaruhi pergerakan pasar.

"Penetapan merupakan peneguhan dari hasil Quick Count. Sehingga tetap dinanti karena peneguhan, namun urutan ke 2. Urutan 1 lebih kepada drama setelah penetapan yang memang seperti yang kita ketahui menambah volatilitas pasar. Hal ini yang akan menjadi perhatian penuh bagaimana progress drama tersebut dapat berjalan dan bagaimana keputusan dari drama tersebut," tambahnya.

Oleh karena itu ia berharap stabilitas politik di dalam negeri bisa terjaga demi menjaga pertumbuhan ekonomi ke depan. Ia berpendapat IHSG akan terus menguat selama keamanan dalam negeri dan sentimen positif dari global terjaga.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.