Note

Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat ke Rp15.668 per USD, Ini Sederet Sentimen Pendorongnya

· Views 21
Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat ke Rp15.668 per USD, Ini Sederet Sentimen Pendorongnya
Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat ke Rp15.668 per USD, Ini Sederet Sentimen Pendorongnya. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Nilai tukar (kurs) rupiah ditutup menguat ke level Rp15.668 per USD. Mata uang Garuda menguat 54 poin atau 0,35% dari penutupan perdagangan sebelumnya. 

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi, menilai pelemahan indeks dolar karena para pembuat kebijakan masih memproyeksikan penurunan suku bunga AS sebanyak tiga kali pada tahun ini, bahkan ketika inflasi tetap tinggi.  

Baca Juga:
Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat ke Rp15.668 per USD, Ini Sederet Sentimen Pendorongnya Bursa Asia Naik Tebal usai Sinyal The Fed, Nikkei 225 Jepang Rekor Tertinggi Baru

"Pandangan kebijakan baru ini juga meningkatkan prospek perekonomian AS. Para pengambil kebijakan kini memperkirakan pertumbuhan sebesar 2,1% tahun ini dibandingkan dengan 1,4% yang diproyeksikan pada bulan Desember, sementara tingkat pengangguran diperkirakan berakhir pada tahun 2024 sebesar 4%, dibandingkan 4,1% yang diperkirakan pada akhir tahun lalu," tulis Ibrahim dalam risetnya, Kamis (21/3/2024). 

Meski demikian, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bahwa dengan kekuatan yang tidak terduga dalam data harga konsumen baru-baru ini, dia berpandangan bahwa inflasi akan bergerak turun secara bertahap dan berada dalam jalur yang agak bergelombang. 

Baca Juga:
Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat ke Rp15.668 per USD, Ini Sederet Sentimen Pendorongnya Isyarat The Fed Pangkas Suku Bunga Tiga Kali, Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi Lagi

Namun, bank-bank sentral utama sebagian besar mengambil langkah yang sama karena mereka berencana menurunkan suku bunga untuk memacu pertumbuhan.

Dari sentimen internal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan hasil penetapan rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pengumuman penetapan tersebut dilakukan dalam Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan suara Nasional Pemilihan Umum 2024.

Baca Juga:
Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat ke Rp15.668 per USD, Ini Sederet Sentimen Pendorongnya Usai The Fed Tahan Suku Bunga, IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.