Note

Menteri ESDM Sebut Pasokan Gas ke Industri Pupuk Tak Ada Masalah

· Views 16
Menteri ESDM Sebut Pasokan Gas ke Industri Pupuk Tak Ada Masalah
Menteri ESDM Arifin Tasrif (Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut, alokasi pasokan gas bumi untuk kebutuhan industri pupuk tidak mengalami masalah. Menurut Arifin, jika pupuk langka kemungkinan karena adanya alokasi pupuk subsidi yang turun.

Hal itu disampaikan Arifin Tasrif dalam rapat kerja bersama Komisi VII yang digelas Selasa (19/3) lalu. Arifin mengatakan, pihaknya memprioritaskan pasokan gas untuk industri pupuk.

"Tidak pernah ada permasalahan gas ke pupuk. Kami selalu memprioritaskan gas untuk pupuk dan kalau pupuk langka ini mungkin karena alokasi pupuk subsidi itu dipotong yang dari alokasi 9,5 juta ton menjadi hanya 4,5 juta ton," ujar Arifin dikutip dari laman Kementerian ESDM, Kamis (21//3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun demikian, dengan anggaran Rp 14 triliun, pemerintah telah mengembalikan alokasi pupuk bersubsidi kembali seperti semula 9,5 juta ton agar tidak terjadi gejolak di kalangan petani. "Jadi banyak pupuk subsidi yang dipotong dan sekarang alhamdulillah sudah dikembalikan dengan anggaran Rp 14 triliun ," lanjut Arifin.

Pemerintah melalui Kementerian ESDM memastikan ketersediaan gas sebagai bahan baku pupuk bertujuan untuk menjamin ketersediaan pupuk bagi petani, menjaga stabilitas harga pupuk dan meningkatkan produksi pangan nasional. Alokasi gas bumi untuk pupuk ini merupakan salah satu bentuk intervensi pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

ADVERTISEMENT

"Saya dulu (bekerja) di industri gas, susah dapat gas. Sekarang saya tidak mau pupuk susah dapat gas, permasalahannya itu adalah ketersediaan pupuk subsidinya terbatas," tutur Arifin.

(acd/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.