Note

IHSG Cerah Usai Pengumuman Prabowo-Gibran Menang, Analis Ingatkan Drama Setelahnya

· Views 17
IHSG Cerah Usai Pengumuman Prabowo-Gibran Menang, Analis Ingatkan Drama Setelahnya
Indeks harga saham gabungan - Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta

Pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diumumkan sebagai pemenang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Pemilu Presiden & Wakil Presiden 2024 (Pilpres). Sehari setelah pengumuman Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini dibuka di zona hijau pada 7.331, dengan level tertinggi di posisi 7.384 dan level terendah 7.360.

Menurut Associate Director Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nicodemus, pasar sudah merasakan sentimen positif hasil pemilu sejak pengumuman quick count atau hitung cepat. Perolehan suara dengan jarak yang terpaut jauh telah mendorong penguatan IHSG.

"Sebetulnya kalau kita tilik dari dampak, sejak hasil quick count kemarin pelaku pasar dan investor juga sudah merasakan dampak dari hasil tersebut. Karena sejauh ini, terlepas dari sentimen negatif, karena jaraknya terpaut jauh dapat dikatakan telah menjadi vitamin yang mana kala itu kita sama-sama tahu telah mendorong IHSG mengalami penguatan," katanya saat dihubungi detikcom, Kamis (21/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, kata dia, yang ditunggu oleh investor bukan sekadar penetapan kemenangan Prabowo-Gibran, melainkan situasi setelah itu. Drama yang terjadi setelah pengumuman KPU akan mempengaruhi pergerakan pasar.

"Penetapan merupakan peneguhan dari hasil Quick Count. Sehingga tetap dinanti karena peneguhan, namun urutan ke 2. Urutan 1 lebih kepada drama setelah penetapan yang memang seperti yang kita ketahui menambah volatilitas pasar. Hal ini yang akan menjadi perhatian penuh bagaimana progress drama tersebut dapat berjalan dan bagaimana keputusan dari drama tersebut," tambahnya.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu ia berharap stabilitas politik di dalam negeri bisa terjaga demi menjaga pertumbuhan ekonomi ke depan. Ia berpendapat IHSG akan terus menguat selama keamanan dalam negeri dan sentimen positif dari global terjaga.

"Sampai kapan? Selama sentiment tersebut positif, dalam artian aman, dan didukung juga oleh sentiment positive global, kami yakin IHSG berpotensi untuk terus mengalami penguatan. Namun apabila dalam drama tersebut, katakanlah mulai dari hak angket, MK, atau unjuk rasa semakin memanas, tentu akan berdampak terhadap pasar. Situasi dan kondisi dalam negeri merupakan daya tahan IHSG dalam menghadapi ketidakpastian global," imbuhnya.

Oleh sebab itu, kata dia bila secara global juga sedang dalam gejolak dan Indonesia tidak memiliki daya tahan, tekanan koreksi akan jauh lebih besar. Adapun Maxi menyebut emiten yang punya prospek cerah ke depannya antara lain sektor perbankan, pertambangan, consumer goods, infrastruktur.

Sementara itu, Analis Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta melihat penguatan IHSG dipengaruhi oleh faktor dalam negeri dan global. Senada dengan Maxi, Nafan menyebut stabilitas politik yang terjaga memberi efek positif bagi IHSG.

"Kalau domestik karena faktor stabilitas politik dan keamanan. Dan ini pengumuman KPU yang telah memenangkan Pak Prabowo Gibran pada Pemilu ini dari hasil rekapitulasi suara, dan memang saya lihat stabilitas politik dan keamanan masih terjaga dengan baik ya sehingga memberikan katalis positif terhadap terciptanya stabilitas pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Ia memprediksi IHSG pada bulan Maret dan April berada pada teritori yang positif. Selain stabilitas politik, momen bulan Ramadan juga menjadi pertmbangannya. Meski begitu ia mengimbau para pelaku pasar untuk tetap mencermati perkembangan yang terjadi.

Dari sisi global, pasar juga menyambut langkah The Fed yang menahan suku bunga dan mempertahankan proyeksi penurunan suku bunga tiga kali pada tahun ini. Seiring dengan itu, Bursa Wall Street menguat diiringi oleh penguatan bursa di regional Asia, termasuk IHSG.

"Masih berpotensi menerapkan kebijakan pelonggaran moneter sebanyak tiga kali. Nah ini sentimen globanya, bursa Wall Street menguat, tentunya memberikan gairah positif terhadap bursa di regional Asia dan ini mempengaruhi penguatan IHSG," tutup Nafan.

Simak juga Video: Menebak Arah IHSG Jelang Potensi Resesi

[Gambas:Video 20detik]



(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.