Note

Edwin Widjaja Akan Terbangkan Pendapatan HELI Sentuh Rp180 Miliar Tahun Ini

· Views 13

Pasardana.id- - PT Jaya Trishindo Tbk (IDX: HELI) akan mengenjot kinerja keuangan dengan menargerkan pendapatan sebesar Rp180 miliar pada tahun 2024.

Target tersebut naik 160,5 persen  dibanding pendapatan  tahun 2023 yang tercatat Rp Rp 69,08 miliar di pengujung tahun 2023.

Jika target tersebut tercapai, HELI berpotensi membukukan EBITDA Rp30 miliar dan laba bersih Rp8 miliar- Rp9 miliar.

Direktur Utama Jaya Trishindo,  Edwin Widjaja mengatakan, target pendapatan berasal dari adanya sejumlah kontrak baru yang berhasil dikantongi perseroan.

“Target pendapatan itu akan ditopang salah satunya dengan target kontrak baru senilai Rp80 miliar- Rp90 miliar yang berasal dari pengguna baru dari sektor pertanian dan pertambangan batu bara dan nikel,” papar dia kepada media, Kamis(21/3/2024).

Guna menopang target tersebut, kata dia, perseroa  telah menyiapkan belanja modal yang berasal dari kas internal sebesar Rp20 miliar untuk pengadaan 1-2 helikopter baru.

“Kami berencana menambah satu unit helicopter ukuran sedang dan satu kecil  tahun ini. Sejalan dengan itu, kami yakin pendapatan akan terus tumbuh,” ungkap  Edwin.

 Saat ini, HELI memiliki enam armada helikopter dan satu pesawat Cessna. Jika rencana penambahan helikopter terealisasi, maka, perseroan akan memiliki tujuh hingga delapan armada helikopter dan satu pesawat Cessna tahun ini.

Selain itu, jelas dia, peningkatan pendapatan tahun ini akan disumbang dari layanan baru. Jelasnya, perseroan tengah menjajaki layanan kargo pesawat nir awak atau drone kargo di pulau pulau terpencil seperti kepulauan Riau.

“Saat ini kami sudah memiliki 3 drone dan rencana akan menambah 10 drone lagi seharga Rp1,5 miliar per unit,” kata dia.  

Lebih lanjut, dia bilang tengah melakukan pembicaraan dengan kementerian perhubungan terkait perizinan layanan drone kargo.

“Kami harapkan bulan Juli atau Agustus suda mulai beroperasi dengan mengandeng e-commerce terkemuka,” papar dia.  

Seperti diketahui, Pada akhir 2023, HELI mampu mencetak laba bersih sekitar Rp 600 juta. Adapun, di sepanjang 2022, perusahaan membukukan rugi bersih sebelum pajak sebesar Rp 85,80 miliar dan rugi tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 85,57 miliar.

Tercapainya laba bersih tersebut ditopang oleh kenaikan pendapatan yang signfikan, yakni dari 44,56 miliar pada tahun 2022 menjadi sekitar

Salah satunya adalah kontrak yang diperoleh melalui anak usaha, yaitu PT Komala Indonesia. Pada pertengahan 2023, anak usaha yang bergerak di bidang penyewaan helikopter ini menandatangani kontrak kerja sama dengan dua perusahaan pemilik izin konsesi hutan di Indonesia.

Komala Indonesia menyediakan jasa sewa masing-masing satu unit helikopter pada kedua perusahaan itu guna mengantisipasi penangangan kebakaran hutan yang terjadi di area konsesi milik mereka. Periode kerja sama berlangsung selama dua tahun untuk masing-masing perusahaan atau sampai dengan 2025 dan dapat diperpanjang satu tahun berikutnya, yakni hingga 2026.

"Total nilai kerja sama baru dengan kedua perusahaan ini sekitar Rp 200 miliar untuk kurun waktu dua tahun," ujar Edwin.

Sepanjang 2023, HELI berhasil menjaring 12 klien baru, dua kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah klien baru perseroan pada tahun 2022 yang sebanyak enam perusahaan. Total klien HELI hingga akhir 2023 mencapai 18 perusahaan. Sebanyak 14 perusahaan menyewa helikopter untuk pengantaran tamu khusus (VIP) dan logistik dan dua perusahaan untuk penanggulangan kebakaran hutan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merupakan salah satu klien yang menyewa helikopter perseroan tahun lalu untuk keperluan penangangan bencana dan satu perusahaan lainnya menyewa untuk peliputan MotoGP di Mandalika.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.