Note

Kemendagri Dorong BUMD Ikut Kendalikan Inflasi

· Views 28

Pasardana.id - Pemerintah mengharapkan BUMD-BUMD yang ada di Indonesia terutama yang bergerak di bidang pangan, bisa mendorong pengendalian inflasi dan ketahanan pangan.

Badan usaha tersebut diharapkan menjadi pionir untuk menekan tingkat inflasi.  

Plh. Dirjen Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Horas Maurits Panjaitan mengharapkan, BUMD-BUMD diharapkan bisa membantu dalam rangka membantu harga pasar, pengendalian inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Bagi BUMD lainnya, kata dia, seperti perbankan, infrastruktur, air minum, serta aneka usaha, diharapkan bisa bersinergi dan berkolaborasi meningkatkan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. 

Keberadaan BUMD juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas fiskal di daerah.

“Tapi jika hal ini tidak terjadi, BUMD justru bisa menjadi beban bagi pemerintah daerah itu sendiri. Ini hal yang menjadi perhatian kita bersama. Kami harapkan seluruh stakeholder bisa menjaga hal tersebut tidak terjadi,” ujar Horas dalam sambutan di acara Top BUMD Awards 2024, di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Berdasarkan data, kata dia, jumlah BUMD di Indonesia saat ini ada sebanyak 1.133 BUMD yang tersebar di 546 pemerintah daerah.

Dari jumlah tersebut, ada 1.084 BUMD yang aktif dan 49 tutup sementara.

Total aset BUMD saat ini ada sekitar Rp 899,45 triliun dan ekuitas Rp 236,6 triliun dengan total laba mencapai Rp 29,6 triliun.

Sedangkan dividen yang dibagikan ke pemerintah daerah mencapai Rp 13,02 triliun.

Jumlah Direksi saat ini ada 1.997 orang, Dewan Pengawas atau Komisaris ada 1.990 orang, dan pegawai atau karyawan sebanyak 153.760 orang.

“Dengan jumlah sebesar ini, peran BUMD jelas sangat strategis. Dukungan dari semua pihak sangat diharapkan dalam rangka mendorong penguatan tata kelola  BUMD,” tutur Horas.

Pada kesempatan tersebut, Horas mengajak untuk bersama-sama membangun komitmen guna mewujudkan BUMD yang kompetitif, berdaya saing, sehat dan menjadi top BUMD di Indonesia.

“Oleh karena itu, ajang Top BUMD Awards 2024 ini kami pandang sebagai salah satu langkah yang sangat baik, sangat strategis dan tentunya ini menjadi ajang untuk berkompetisi dalam upaya agar BUMD di Indonesia semakin maju,” kata Horas. 

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2024, M. Lutfi Handayani mengatakan, melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mendorong adanya implementasi tata kelola perusahaan yang baik atau GCG dan dilakukannya inovasi-inovasi dari BUMD-BUMD di Indonesia untuk meningkatkan kinerja dan layanan BUMD.

“Dan tentunya, kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan yang baik (GCG/good corporate governance) dalam mendukung peningkatan kinerja dan layanan BUMD,” kata Lutfi yang juga Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness tersebut.

Adapun sejumlah nama pemenang penghargaan Top BUMD Awards 2024 adalah Perumdam Tirta Kerta Raharja Tangerang, Perumda Air Minum Apa' Mening Malinau, dan BPR Bank Bapas 69 Magelang, yang meraih Top BUMD Platinum Trophy 2024 (meraih Bintang 5 selama 5 tahun berturut-turut).

Selain itu, ada sejumlah BUMD yang menyabet penghargaan Top BUMD Golden Trophy 2024 (meraih Bintang 5 selama 3 tahun berturut-turut).

Antara lain; Perumda Air Minum Giri Nawa Tirta Pasuruan, Perumda Air Minum Batiwakkal Berau, Perumda Air Minum Kota Padang, Perumda Air Minum Tirta Merapi  Klaten, BPD Bali, Perumdam Tirta Arut Kotawaringin Barat, dan BPR Bank Daerah Karanganyar.

BUMD terbaik lainnya yang juga apat penghargaan adalah; RSUD Kanjuruhan Malang, Perumdam Tirta Raharja Bandung, PT Bumi Siak Pusako, PT Sarana Pembangunan Riau, Perusda Melati Bhakti Satya, PT Tirta Asasta Depok, Perumda Tirta Uli, BPR Jatim, BPD Kalsel, PDAM Bondowoso, Jamkrida Jatim,  Perumda Air Minum Tirta Pancur Aji, PT Sumsel Energi Gemilang, Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Bangli, Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal.

Lalu, ada pula Bank Bengkulu, Bank NTT, Perumda Parkir Makassar , PT Air Minum Berkah Banua, Perumdam Mojopahit Mojokerto, Perumda Paljaya, Bank NTB Syariah, BLUD UPTD PALD Kota Bekasi, Jamkrida Kalbar, Bank Sumut, dan Perumda Air Minum Tirta Taman Sari Madiun, serta ada beberapa BUMD lainnya

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.