Note

Neraca GOTO Diklaim Lebih Bersih dan Ada Buyback, Ini Kata Analis

· Views 24
Neraca GOTO Diklaim Lebih Bersih dan Ada Buyback, Ini Kata Analis
Neraca GOTO Diklaim Lebih Bersih dan Ada Buyback, Ini Kata Analis. (Foto: GoTo)

IDXChannel – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dinilai memiliki posisi keuangan yang lebih sehat usai merilis kinerja keuangan tahun 2023. Analis memberikan pandangan positif terkait rencana perseroan untuk melakukan buyback saham.

GOTO sukses mencetak EBITDA yang disesuaikan (adjusted EBITDA) positif sebesar Rp77 miliar di kuartal IV-2023. Analis Ciptadana Sekuritas Gani memberikan beberapa catatan menarik terkait tonggak sejarah yang berhasil diukir oleh perseroan setelah lebih dari satu dekade beroperasi.

Baca Juga:
Neraca GOTO Diklaim Lebih Bersih dan Ada Buyback, Ini Kata Analis Saham GOTO Rebound usai Jatuh Nyaris 10 Persen, Tahan Lama?

Gani melihat ada tiga faktor utama yang berkontribusi terhadap titik capaian tersebut mulai dari percepatan pertumbuhan transaksi (GTV) grup,monetisasi yang lebih kuat dan efisiensi biaya lebih lanjut, khususnya pada biaya overhead dan biaya tetap.

Ia juga menyoroti penurunan goodwill yang menyebabkan total kerugian yang dicatatkan GOTO pada 2023 mencapai Rp 90 triliun.

Baca Juga:
Neraca GOTO Diklaim Lebih Bersih dan Ada Buyback, Ini Kata Analis Jalan Panjang Pemulihan Saham Teknologi GOTO-Grab Cs

“Namun demikian, biaya tersebut merupakan biaya hangus dan non-tunai; Meskipun hal ini mungkin berdampak buruk bagi P/L (profit and loss), setelah penghapusan tersebut, GOTO dapat memulai tahun 2024 dengan keadaan yang lebih bersih dan berada pada posisi yang kuat dengan adj. EBITDA sudah berubah positif dan saldo kasnya mencapai Rp25,1 triliun.” Kata Gani dalam laporan risetnya.

Untuk saat ini Gani masih memberikan rekomendasi beli saham GOTO dengan target harga dipatok di Rp150 per saham.

Baca Juga:
Neraca GOTO Diklaim Lebih Bersih dan Ada Buyback, Ini Kata Analis Buyback Saham Bisa Jadi Pelipur Lara buat Investor GOTO?

Riset Bahana Sekuritas yang ditulis oleh Robert dan Satria juga memberikan pandangan menarik terkait kinerja keuangan GOTO tahun lalu.

Senada dengan Gani, Bahana Sekuritas juga berpandangan bahwa posisi keuangan GOTO akan lebih bersih di tahun ini.
 
“Kuartal terakhir, kerugian bersih GOTO tidak termasuk goodwill menurun menjadi Rp2,1triliun dari Rp2,4 triliun di 3Q23 dan dari Rp19,2 triliun di 4Q22; secara umum sejalan dengan perkiraan kami.” Tulis Robert dan Bahana dalam sebuah catatan.

Selain kondisi keuangan yang lebih sehat Bahana juga memberikan pandangan positif terkait dengan rencana buyback saham GOTO.

“Kami positif terhadap rencana pembelian kembali saham perusahaan, sebesar Rp3,1 triliun, karena kas perusahaan tetap kuat di angka Rp25 triliun. Kami berpendapat dekonsolidasi Tokopedia memberikan lebih banyak ruang untuk penggunaan uang tunai, karena jumlah pembelian kembali masih dapat dikelola dibandingkan dengan beban bakar uang segmen e-commerce sepanjang tahun sebesar Rp7 triliun, atau sebesar Rp1,8 triliun per kuartal.” Kata Robert dalam laporan risetnya.

Bahana Sekuritas mempertahankan rekomendasi beli saham GOTO dan menetapkan target harga untuk 12 bulan ke depan di Rp90/saham. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.