Note

Pertamina-PGN Kerjasama Bangun Infrastruktur Hingga Moda Maritim

· Views 19

Pasardana.id - PT Pertamina International Shipping (PIS) menjalin kerja sama dengan PT PGN Tbk (PGN) (IDX: PGAS) dalam pembangunan, pemanfaatan infrastruktur, dan moda pengangkutan maritim untuk produk terkait bahan bakar rendah karbon.

Kerja sama dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Arief Setiawan dan Direktur Utama PIS, Yoki Firnandi dan disaksikan langsung oleh Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina, Alfian Nasution di Jakarta, Selasa (19/3) beberapa hari lalu.

Dalam kesempatan tersebut, CEO PIS, Yoki Firnandi mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud nyata sinergi di Pertamina Group dalam mendukung percepatan transisi energi dan mewujudkan target pemerintah untuk Net Zerro Emission pada 2060.

Adanya kerjasama ini, diharapkan dapat menguatkan sinergi di Pertamina Group.

"Kami ingin support PGN, yang kami yakini akan memiliki porsi besar dalam hilirisasi gas di mana gas merupakan salah satu komoditas kunci dalam transisi energi. Ke depan, gas akan digunakan dalam skala lebih besar baik untuk industri maupun masyarakat. PIS di sini ingin berperan sebagai mata rantai,” ujar Yoki.

Ditambahkan, fokus kerja sama nantinya tidak hanya di pengembangan LNG, seperti amonia, hidrogen, dan CO2 dan sektor pengangkutan, tapi juga dari sisi terminal maupun infrastruktur gas lainnya yang bisa dikolaborasikan. 

Sementara itu, Direktur Utama PGN, Arief Handoko menuturkan, kerja sama ini akan memberikan dampak positif bagi kedua perusahaan.

Dia berharap, nantinya bakal ada kerja sama, salah satunya PIS bisa membantu PGN dalam pengangkutan LNG.  

"Jadi kalau PIS punya kapal LNG tentunya akan memudahkan bagi PGN. Distribusi gas juga diperlukan beyond pipelines terutama di area Indonesia timur, di situ kami juga membutuhkan kapal-kapal,” kata Arief.

Adapun Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero), Alfian Nasution mengungkapkan, kerja sama ini sesuai dengan sinergi One Pertamina dan sejalah dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) Pertamina Group. 

“Yakni mempertahankan bisnis eksisting untuk ketahanan energi, dan yang kedua masuk ke bisnis low carbon sebagai wujud komitmen untuk percepatan transisi energi kita,” ujarnya. 

Dia berharap, kerja sama kedua perusahaan ini akan mencetak sejarah baru bagi Pertamina Group dalam bisnis energi yang lebih ramah lingkungan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.