Note

USD/JPY. 20 Maret. BOJ meningkatkan suku bunga, tapi tidak cukup.

· Views 25

Pada grafik per jam, pasangan USD/JPY melanjutkan pergerakan naiknya pada hari Selasa dan berkonsolidasi terlebih dahulu di atas zona resistance 149,66–149,86, dan kemudian di atas zona 150,79–150,91. Dengan demikian, pergerakan naik mungkin berlanjut hari ini menuju level korektif 127,2%–152,10. Kekuatan kenaikan dolar AS begitu signifikan sehingga kuotasi telah bergerak bahkan melampaui koridor tren naik, yang mencirikan sentimen trader sebagai "bullish".

USD/JPY. 20 Maret. BOJ meningkatkan suku bunga, tapi tidak cukup.

Situasi gelombang akhir-akhir ini tidak menimbulkan pertanyaan. Tepatnya tiga gelombang terbentuk ke bawah (salah satunya korektif), sehingga tren "bullish" baru mungkin sedang terbentuk saat ini. Gelombang naik baru dengan mudah melampaui puncak gelombang sebelumnya, jadi saya tidak punya alasan untuk membicarakan akhir dari tren "bullish". Agar tanda-tanda penyelesaiannya muncul, diperlukan gelombang ke bawah baru yang akan menembus terendah pada 11 Maret. Atau gelombang ke atas berikutnya tidak boleh melampaui puncak terakhir, yang bahkan belum terbentuk, karena gelombang saat ini belum selesai.

Pada Selasa malam, BOJ mengadakan pertemuan dan keputusan dibuat untuk menaikkan suku bunga dari 0,1% menjadi 0%. Meskipun keputusan tersebut bersifat "hawkish", yen Jepang tidak menerima dukungan dari para trader. Masalah bagi yen Jepang adalah kelanjutan dari kebijakan akomodatif BOJ yang bertujuan meningkatkan jumlah uang beredar. Sederhananya, seiring bertambahnya jumlah uang beredar, yen terdepresiasi, sesuai dengan hukum penawaran dan permintaan. BOJ juga mengindikasikan bahwa pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut diperkirakan akan dilakukan, namun tingkat suku bunga saat ini jauh lebih rendah dibandingkan di AS. Inilah penyebab utama melemahnya yen terhadap dolar. Selain itu, Jepang juga melakukan intervensi mata uang untuk menstabilkan nilai tukar. Dalam waktu dekat, BOJ mungkin mulai menerapkannya karena yen terus anjlok.

USD/JPY. 20 Maret. BOJ meningkatkan suku bunga, tapi tidak cukup.

Pada grafik 4 jam, pasangan ini telah membentuk reversal baru yang menguntungkan dolar AS dan berkonsolidasi di atas level 148,79. Dengan demikian, pergerakan ke atas dapat berlanjut menuju level korektif berikutnya 100,0% di 151,95, yang sedang kita amati sekarang. Setelah berkonsolidasi di bawah koridor tren naik, bears berada dalam posisi yang lebih menguntungkan selama beberapa hari, namun pada grafik per jam, bulls memimpin, didukung oleh latar belakang informasi. Jika nilai tukar pasangan ini ditetapkan di atas level 151,95, kemungkinan pertumbuhan lebih lanjut menuju level Fibonacci berikutnya 127,2% di 158,66 akan meningkat.

Laporan COT:

Sentimen kategori trader "nonkomersial" menjadi sedikit berkurang "bearish" selama minggu pelaporan terakhir. Jumlah kontrak long yang dipegang spekulan bertambah 252 unit, sedangkan kontrak short berkurang 16.269 unit. Sentimen keseluruhan pemain utama masih bersifat "bearish", dan keuntungan penjual sangat besar. Terdapat kesenjangan hampir tiga kali lipat antara jumlah kontrak long dan short: 55.000 berbanding 157.000.

Menurut saya, yen masih memiliki prospek yang sangat bagus untuk penurunan lebih lanjut, namun kesenjangan yang kuat antara kontrak long dan short juga dapat mengindikasikan dekatnya akhir dari tren "bearish" untuk mata uang Jepang. Dengan kata lain, spekulan bullish mungkin mulai mundur dari pasar. Pada grafik 4 jam, kita sudah melihat penembusan penting dari tren "bullish", namun dalam jangka pendek, dolar mungkin terus naik.

Kalender Berita untuk AS dan Jepang:

AS – Keputusan Suku Bunga Fed (18:00 UTC).

AS – Proyeksi Ekonomi Fed (18:00 UTC).

AS – Perkiraan Suku Bunga Fed (18:00 UTC).

AS – Konferensi Pers Fed (18:30 UTC).

Jepang – Neraca Perdagangan (23:50 UTC).

Pada hari Rabu, kalender peristiwa ekonomi berisi beberapa entri yang lebih mungkin mendukung dolar. Bulls mungkin terus menyerang hari ini. Dampak dari latar belakang informasi terhadap sentimen pasar pada sisa hari ini bisa sangat kuat.

Perkiraan untuk USD/JPY dan Rekomendasi Trader:

Hari ini, yen dapat dipertimbangkan untuk rebound dari level 151,95 pada grafik 4 jam atau dari 152,10 pada grafik per jam dengan target di 150,90. Pembelian dapat terjadi ketika ditutup di atas level 148,55 pada grafik per jam dan ketika ditutup di atas level 148,79 pada grafik 4 jam dengan target di 149,66 dan 150,89. Kedua target telah tercapai, dan pergerakan ke atas terus berlanjut; pembelian dapat dipertahankan dengan target 151,95. Penetapan di atas level ini akan memungkinkan untuk menahan pembelian dengan target di 152,10 dan 153,63.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.