Note

Pasok Empat Ribu Ton Sehari, Proyek IKN Jadi Penopang Kinerja SIG

· Views 14
Pasok Empat Ribu Ton Sehari, Proyek IKN Jadi Penopang Kinerja SIG
Pasok Empat Ribu Ton Sehari, Proyek IKN Jadi Penopang Kinerja SIG (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), atau SIG, mengeklaim telah menyuplai sedikitnya 3.000 hingga 4.000 ton semen per hari untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Total penjualan bahan bangunan mencapai 400.000 ton dari fasilitas di Balikpapan dan Samarinda ke Nusantara, mulai Desember 2022 hingga Februari 2024," ujar Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, Rabu (20/3/2024). 

Secara keseluruhan, SIG sukses mencatatkan penjualan hingga 40,62 juta ton di sepanjang 2023 lalu. Volume tersebut meningkat 10 persen dibanding realiasi penjualan pada tahun sebelumnya.

Secara keseluruham, penjualan semen dalam bentuk curah domestik dan ekspor tercatat menjadi penopang utama dari porsi peningkatan tersebut.

"Keterlibatan dalam PSN (proyek strategis nasional), termasuk IKN di Kalimantan Timur, turut berkontribusi terhadap penjualan kami," tutur Vita.

Produk bahan bangunan SIG digunakan dalam berbagai paket pekerjaan di IKN, seperti pembangunan istana negara, hingga lapangan upacara di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP), dan jalan tol menuju IKN. 

Produk semen SIG juga digunakan untuk pembangunan infrastruktur pendukung KIPP, termasuk Intake Sepaku dan Bendungan Sepaku, yang bertujuan sebagai sumber air baku di IKN dan pengendali banjir. 

Selama 2023, SIG memasok ke 63 proyek strategis nasional lainnya, seperti jalan tol Trans-Sumatera, proyek smelter, pembangkit listrik, bendungan, dan kawasan industri. 

Pendapatan SIG pada 2023 mencapai Rp38,65 triliun, meningkat 6,2 persen dari realisasi pendapatan pada 2022, dengan beban pokok pendapatan sebesar Rp28,47 triliun dan earnings before interest, taxes, depreciation, and amortization (EBITDA) sebesar Rp 7,79 triliun. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.