Note

Rencana Besar Jokowi Geber Hilirisasi Nikel-Bauksit

· Views 8
Rencana Besar Jokowi Geber Hilirisasi Nikel-Bauksit
Ditemani Erick Thohir & Basuki, Jokowi Cek Proyek Smelter di Mempawah (Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Mempawah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong hilirisasi tambang, salah satunya bauksit. Hal tersebut diwujudkan melalui pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) Mempawah di Kalimantan Barat.

SGAR ini akan memiliki peran dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik. SGAR sendiri mengolah bauksit menjadi alumina. Alumina ini nantinya diolah lagi menjadi aluminium.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerangkan, hilirisasi merupakan sebuah pekerjaan besar yang semuanya harus terintegrasi. Dia mengatakan, nikel tidak hanya diolah menjadi stainless steel saja, tapi juga baterai kendaraan listrik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Jokowi, jika semuanya dikerjakan di dalam negeri dari hulu hingga hilir, maka Indonesia akan memiliki daya saing. Dengan demikian, Indonesia siap bersaing dengan negara manapun.

"Kalau EV battery-nya selesai, (smelter) tembaga nanti yang di Gresik bulan Mei selesai, kalau itu semua terintegrasi, semua komponen yang ada di EV di electric vehicle semuanya dibuat dari dalam negeri, dari hulu sampai hilir semuanya dikerjakan dengan bahan-bahan yang kita miliki. Sehingga akan efisien, kita memiliki daya saing yang tinggi, masuk ke pasar bersaing dengan negara manapun siap," kata Jokowi di Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (20/3/2024).

Kembali, Jokowi mengatakan, hilirisasi ini merupakan pekerjaan besar. Jokowi mengatakan, body kendaraan listrik akan menggunakan aluminium. Kemudian, baterai kendaraan listrik menggunakan nikel. Tembaga akan digunakan untuk membuat kabel-kabel.

"Ini adalah pekerjaan besar, ekosistem besar yang kita bangun ini, bodynya mungkin dari aluminium, kemudian EV battery-nya dari nikel masuk, yang untuk tembaga untuk komponen-komponen lain kabel dan lain jadi satu terintegrasi. Itu yang kita harapkan sehingga semuanya efisien barangnya kompetitif bisa bersaing dengan barang-barang negara lain," paparnya.

(acd/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.