Note

Kapan Harga Emas akan Turun Drastis? Simak Perkiraannya

· Views 19
Kapan Harga Emas akan Turun Drastis? Simak Perkiraannya
Kapan Harga Emas akan Turun Drastis? Simak Perkiraannya. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Kapan harga emas akan turun drastis? Harga jual emas umumnya lebih rendah dari harga beli di hari yang sama. Namun setelah beberapa waktu, jika harga emas terus tren naik, maka harga buyback-nya akan setara dengan harga beli ketika investor membelinya.

Investor emas mengantisipasi rekor harga tertinggi tahun 2024, saat fundamental dari perubahan suku bunga AS yang dovish, risiko geopolitik, dan pembelian emas oleh bank sentral yang diperkirakan akan mendorong harga emas.

Baca Juga:
Kapan Harga Emas akan Turun Drastis? Simak Perkiraannya Jelang Rilis Suku Bunga BI, Harga Emas Antam (ANTM) Hari Ini Stagnan

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (20/3/2024), IDX Channel telah merangkum kapan harga emas akan turun drastis, sebagai berikut.

Kapan Harga Emas akan Turun Drastis?

Kapan Harga Emas akan Turun Drastis? Simak Perkiraannya

Baca Juga:
Kapan Harga Emas akan Turun Drastis? Simak Perkiraannya Harga Emas Antam (ANTM) Hari Ini Naik Rp6.000, Jadi Rp1.199.000 per Gram

J.P. Morgan melihat adanya "peningkatan reli" untuk emas pada pertengahan tahun 2024, dengan target puncak USD2.300 per troy ons dengan dorongan perkiraan penurunan suku bunga. UBS memperkirakan rekor USD2,150 per troy ons pada akhir tahun 2024 jika pemotongan tersebut terjadi.

Indeks dolar jatuh 2,11% sepanjang tahun 2023 berada ditutup di level 101,33 pada akhir Desember 2023, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun melemah mendekati level terendah sejak bulan Juli dengan mendarat di level 3,86% pada akhir Desember 2023.

Baca Juga:
Kapan Harga Emas akan Turun Drastis? Simak Perkiraannya Tunggu Rapat The Fed, Harga Emas Rehat Sejenak dari Rekor

Keberlanjutan konflik di Timur Tengah, ketidakpastian akibat pemilu di negara-negara besar, dan pembelian emas oleh bank sentral yang dipimpin oleh China akan meningkatkan daya tarik emas sebagai aset safe-haven pada tahun 2024. Harga emas sangat sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS.

Kenaikan suku bunga AS akan membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury menguat. Kondisi ini tak menguntungkan emas karena dolar yang menguat membuat emas sulit dibeli sehingga permintaan turun. Emas juga tidak menawarkan imbal hasil sehingga kenaikan imbal hasil US Treasury membuat emas kurang menarik.

Namun, suku bunga yang lebih rendah akan membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury melemah, sehingga dapat menurunkan opportunity cost memegang emas. Sehingga emas menjadi lebih menarik untuk dikoleksi.

Dewan Emas Dunia (WGC), dalam proyeksinya pada tahun 2024, memproyeksikan bahwa penurunan sekitar 40 hingga 50 basis poin pada imbal hasil dengan jangka waktu yang lebih lama, setelah penurunan suku bunga sebesar 75-100 poin, dapat menghasilkan kenaikan sebesar 4% pada harga emas.

Itulah informasi terkait kapan harga emas akan turun drastis yang bisa Anda simak, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu terus update berita terkini Anda seputar bisnis dan ekonomi hanya di IDX Channel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.