Note

Kemnaker Kasih Tambahan Anggaran Pupuk Bersubsidi, Benih Padi Serta Jagung Gratis

· Views 12

Pasardana.id - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian akan memberikan alokasi anggaran untuk pupuk bersubsidi dan menyediakan benih padi dan jagung secara gratis bagi petani.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan keputusan tersebut diambil setelah rapat internal dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari Selasa, (19/3).

Disampaikan Mentan, anggaran untuk pupuk tahun ini yang telah ditetapkan sebelumnya pada tahun 2024 sejumlah 4,7 juta ton, kini ditingkatkan menjadi 9,55 juta ton, dua kali lipat lebih besar dari sebelumnya. Ini merupakan arahan langsung dari Bapak Presiden, dan DIPA-nya akan segera dikeluarkan sesuai kesepakatan. 

Amran mengatakan kabar baik kedua yakni berkaitan dengan El Nino, pemerintah akan melakukan pompanisasi di sejumlah daerah tadah hujan di Jawa dan luar Jawa, dengan biaya tambahan sebesar Rp5,8 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Ketiga, dia menjelaskan bahwa pemerintah akan menyiapkan benih bibit unggul gratis untuk petani, untuk pembibitan 2 juta hektare padi dan 2 juta hektare jagung. 

"Produksi jagung saat ini sudah naik, bahkan menurut BPS Januari, Februari, Maret 2 juta ton. Dibanding tahun sebelumnya,” ujar dia, dikutip dari Antara pada Selasa (19/4).

Sementara, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menyebutkan, produksi beras nasional harus ditingkatkan agar stok beras Bulog bisa dijaga di atas angka 2 juta ton. 

Guna memenuhi target itu, upaya yang dilakukan pemerintah melalui penyediaan benih, pupuk, dan pompanisasi adalah langkah-langkah untuk mendorong produksi dalam negeri.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.