Note

Pelaku Pasar Tunggu Hasil Pemilu hingga RDG BI, IHSG Menguat?

· Views 24
Pelaku Pasar Tunggu Hasil Pemilu hingga RDG BI, IHSG Menguat?
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

Pelaku pasar diprediksi bakal wait and see pada perdagangan saham hari ini. Dua hal utama yang jadi perhatian pelaku pasar, pengumuman Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) soal suku bunga dan juga pengumuman resmi hasil Pemilu yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut analisis dari Mega Capital Sekuritas dan Investasiku, kemungkinan hasil RDG BI bakal memperlihatkan pemangkasan suku bunga.

"Pasar menanti proyeksi ekonomi dari RDG BI terkait kapan dan besaran pemangkasan suku bunga BI. Di hari yang sama, pelaku pasar menanti pengumuman resmi hasil Pemilu yang dirilis oleh KPU," tulis analisis tersebut dikutip Rabu (20/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diperkiraan IHSG akan terus menguat apabila pengumuman resmi hasil pemilu berjalan lancar dan tidak menimbulkan kericuhan. IHSG diperkirakan bakal terparkir 7.336.7 atau naik 0,47% hari ini, kenaikan terjadi sebesar 34.3 poin.

"Jika proses pengumuman berjalan damai dan tidak menimbulkan kericuhan maka bisa membuat IHSG lanjut menguat," tulis analisis tersebut.

Pelaku pasar juga akan menantikan rilis kinerja emiten GOTO yang memiliki bobot besar di IHSG. Kemudian, dari sisi akumulasi, investor asing menunjukan optimisme dengan akumulasi net buy sebesar Rp 761.87 miliar dengan 5 saham yang paling banyak diakumulasi adalah BMRI, ASII, PGAS, CTRA, dan TLKM.

Mega Capital Sekuritas dan Investasiku merekomendasikan beberapa pembelian saham sebagai berikut:

1. JPFA take profit 1280-1310
2. MYOR take profit 2590-2640
3. ESSA take profit 620-640
4. CTRA take profit 1310-1330
5. ICBP take profit 11200-11350

(hal/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.