Note

Apa itu Sideways? Mengenal Tren Pergerakan Harga dan Siklus Pasar Saham

· Views 20
Apa itu Sideways? Mengenal Tren Pergerakan Harga dan Siklus Pasar Saham
Apa itu Sideways? Mengenal Tren Pergerakan Harga dan Siklus Pasar Saham. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Apa itu sideways? Dalam investasi pasar modal, sideways adalah tren atau kondisi ketika harga saham bergerak relatif stabil karena kekuatan supply (seller) dan demand (buyer) nyaris seimbang. 

Ketika Anda trading di pasar modal, Anda akan menemui beberapa tren pergerakan harga saham, yakni uptren, downtren, dan sideways. Uptren terjadi ketika harga cenderung bergerak naik terus menerus dalam rentang waktu tertentu. 

Baca Juga:
Apa itu Sideways? Mengenal Tren Pergerakan Harga dan Siklus Pasar Saham Kenali Apa Itu Uptrend dan Downtrend Dalam Dunia Saham

Sementara downtren terjadi ketika harga bergerak cenderung menurun terus menerus dalam kurun waktu tertentu, sedangkan sideways adalah kebalikan dari uptren dan downtren sekaligus. 

Uptren menunjukkan kekuatan pembelian saham yang tinggi, downtren menunjukkan para investor mulai melepas kepemilikan sahamnya, sementara sideways menunjukkan permintaan dan ketersediaan lot saham yang sama-sama kuat. 

Baca Juga:
Apa itu Sideways? Mengenal Tren Pergerakan Harga dan Siklus Pasar Saham Memahami Saham Uptrend dalam Investasi, Waktunya Beli? 

Pada tren sideways, harga relatif bergerak naik dan turun dengan stabil, tidak ada kenaikan harga yang berkepanjangan. Berikut ini adalah ciri-ciri tren sideways yang dapat diamati: 

  • Harga bergerak di level support dan resistance dalam kurun waktu tertentu
  • Volume trading relatif minim
  • Kekuatan seller dan buyer yang nyaris seimbang

Anda dapat melihat keseimbangan antara kekuatan seller dan buyer ini di order book. Pada tampilan chart, tren sideways terlihat seperti garis yang nyaris lurus horizontal. Meskipun terdapat naik dan turun, secara keseluruhan tampak seperti lurus horizontal. 

Dalam trading saham, penting untuk diingat bahwa tren harga tidaklah berlangsung selamanya. Sideways, uptren, dan downtren adalah fase pergerakan saham yang dapat menunjukkan siklus pergerakannya secara keseluruhan. 

Siklus pergerakan saham ini terdiri dari empat kondisi, yakni akumulasi, partisipasi, distribusi, lalu diakhiri dengan kapitulasi.

Akumulasi adalah fase 1 di mana tren pasar berada di rentang terendah dengan tren menunjukkan sideways. Pada fase ini valuasi saham dianggap terdiskon. Setelah akumulasi, saham akan bergerak ke arah uptren. 

Partisipasi adalah fase kedua. Pada tahap ini, saham yang sebelumnya berada di tren sideways, menunjukkan breakout (menembus batas resistance) dan saham mulai bergerak naik untuk selanjutnya tiba pada uptren. 

Dalam fase ini, investor ritel umumnya mulai ikut membeli saham tersebut untuk mengikuti rally kenaikan harga, menyebabkan volume transaksi terus melambung dan valuasi saham mulai naik. 

Distribusi adalah fase selanjutnya, di mana mulai terjadi aksi profit taking dari investor. Profit taking disebut juga aksi jual. Tanda fase distribusi adalah harga saham yang jatuh signifikan dengan volume transaksi yang besar. 

Pada tahapan ini, harga saham yang semula bullish mulai bergerak sideways, naik turun dalam rentang terbatas dalam kurun waktu tertentu. Setelah fase ini, pergerakan akan memasuki fase terakhir, yakni kapitulasi

Fase ini ditunjukkan dengan pergerakan harga yang menurun terus menerus dalam kurun waktu tertentu. Pada tahap ini, harga saham kembali memasuki fase satu sampai muncul breakout dan mengulangi siklus baru. 

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu sideways di pasar saham. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.