Note

5 Pasar Saham Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk?

· Views 21
5 Pasar Saham Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk?
5 Pasar Saham Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk? (FOTO: MNC MEDIA)

IDXChannel - Pasar saham terbesar di dunia berada di beberapa negara besar. Pasar ini membantu jual beli saham dan menjaga stabilitas ekonomi dunia. 

Seperti diketahui perdagangan saham di seluruh dunia semakin berkembang, dengan sekitar 630.000 saham perusahaan diperdagangkan secara publik. Pertumbuhan bursa saham global di luar Amerika Serikat dan Eropa menjadi pendorong utama dalam peningkatan jumlah perusahaan yang go public.

Baca Juga:
5 Pasar Saham Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk? Tiga Saham Ini Kompak Masuk Radar BEI, Ada Apa?

Lantas di mana saja pasar saham terbesar di dunia? Simak penjelasan lima terbesar yang dihimpun IDX Channel dari berbagai sumber tepercaya.

Pasar Saham Terbesar di Dunia

Kami mencatat ada lima pasar saham terbesar di dunia. Apa saja itu, simak penjelasannya.

Baca Juga:
5 Pasar Saham Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk? Harga Saham Fluktuatif, TINS-SSIA Diawasi BEI 

1. Bursa Efek New York (NYSE)

NYSE adalah bagian dari NYSE Euronext yang mengelola bursa di Amerika Serikat dan Eropa. Diperkirakan NYSE memiliki sekitar sepertiga dari semua saham yang diperdagangkan di dunia. Kapitalisasi pasar NYSE mencapai hampir USD23 triliun per Desember 2022, menjadikannya bursa saham terbesar dalam hal kapitalisasi pasar.

2. Bursa Efek Tokyo

Bursa Efek Tokyo adalah bursa terbesar di Jepang dengan kapitalisasi pasar mencapai USD5,38 triliun. Sekitar 2.000 perusahaan terdaftar di bursa ini, yang pertama kali dibuka pada tahun 1878. Indeks Nikkei 225 adalah salah satu indeks utama yang mewakili beberapa perusahaan terbesar di Jepang.

Baca Juga:
5 Pasar Saham Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk? Gembok Dibuka, Saham NIKL Melesat 18,27 Persen

5 Pasar Saham Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk?

5 Pasar Saham Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk? (FOTO: MNC MEDIA)

3. Bursa Efek London (LSE)

London Stock Exchange (LSE) adalah salah satu pasar saham terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar USD3,1 triliun pada Desember 2022. Didirikan pada tahun 1801, LSE menampung sekitar 3.000 perusahaan dari seluruh dunia.

4. Bursa Efek Hong Kong

Bursa Efek Hong Kong merupakan salah satu dari 10 bursa saham terbesar dengan kapitalisasi pasar hampir USD2 triliun. Sekitar 1.500 perusahaan terdaftar di bursa ini, yang mulai beroperasi sebelum tahun 1900.

5. Bursa Efek Shanghai

Bursa Efek Shanghai adalah salah satu bursa saham yang lebih baru, dibuka pada akhir tahun 1990. Sekitar 1.500 perusahaan diperdagangkan sahamnya di bursa ini. Meskipun volume perdagangan terus meningkat, minat investasi menurun sejak tahun 2008. Sebagian besar saham "A" dari perusahaan China hanya tersedia untuk warga negara Tiongkok, sementara saham "H" terbuka untuk investor global di Hong Kong.

Itulah daftar pasar saham terbesar di dunia. Semoga informasi ini berguna bagi Anda. (MYY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.