Note

GOTO Capai Level Profitabilitas di Kuartal IV-2023

· Views 25
GOTO Capai Level Profitabilitas di Kuartal IV-2023
GOTO Capai Level Profitabilitas di Kuartal IV-2023. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akhirnya mencapai level profitabilitas setelah 14 tahun beroperasi. Hal ini tercermin pada pencapaian EBITDA Grup yang disesuaikan positif Rp 77 miliar pada kuartal IV-2023.

Meskipun masih relatif kecil, namun ini mengembalikan dari level rugi yang tercermin dari EBITDA yang disesuaikan kuartal IV-2022 yang minus Rp 3,14 triliun berkat pencapaian pada kuartal IV, sepanjang 2023 GOTO mencatatkan EBITDA yang disesuaikan minus Rp3,67 triliun, jauh lebih rendah dari setahun sebelumnya yang tercatat minus Rp16,01 triliun.

Baca Juga:
GOTO Capai Level Profitabilitas di Kuartal IV-2023 IHSG Bakal Nanjak Lagi, Saham GOTO-ELSA Dijagokan Akhir Pekan Ini

EBITDA yang disesuaikan atau Adjusted EBITDA pada dasarnya adalah ukuran keuangan non Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Ukuran ini memiliki komponen rugi sebelum pajak penghasilan dan menyesuaikan untuk beban penyusutan dan amortisasi, penghasilan keuangan, biaya bunga, hingga perhitungan kerugian atas penurunan nilai investasi pada entitas asosiasi.

Adjusted EBITDA merupakan salah satu  parameter profitabilitas dari emiten startup karena merupakan suatu proxy paling dekat dengan operating cash flow atau arus kas operasional. Pencapaian GOTO tersebut inline dengan prediksi sejumlah analis bahwa GOTO bisa mencapai level adjusted EBITDA positif tanpa harus membutuhkan suntikan modal lagi.

Baca Juga:
GOTO Capai Level Profitabilitas di Kuartal IV-2023 Saham GOTO Galau, Siap Rebound atau Turun ke Bawah Rp70?

Dalam laporan keuangan 2023, GOTO meraih pendapatan bersih Rp14,8 triliun selama setahun penuh, tumbuh 30% dari setahun sebelumnya yang tercatat Rp11,3 triliun. Di saat pendapatan meningkat tinggi, GOTO berhasil mencatatkan penurunan di berbagai pos beban.

Beban pokok pendapatan turun 7,% menjadi Rp5,1 triliun pada 2023. Lalu beban penjualan dan pemasaran turun 54,4% menjadi Rp6,4 triliun. Adapun total beban operasional turun 39,9% menjadi Rp25,1 triliun. Dengan demikian GOTO masih mencatatkan rugi operasional Rp10,3 triliun untuk periode 2023, membaik 66% dari setahun sebelumnya yang tercatat Rp30,3 triliun.

Baca Juga:
GOTO Capai Level Profitabilitas di Kuartal IV-2023 Menghitung Cuan Ramadan GOTO dari Gross Merchandise Value (GMV) Tokopedia

Sedangkan di sisi lain, GOTO mencatatkan kerugian akibat pembalikan aset goodwill dari divestasi PT Tokopedia. Nilainya mencapai Rp78,86 triliun. Goodwill merupakan aset tak berwujud yang terkait dengan pembelian satu perusahaan oleh perusahaan lain.

Nilai dari nama perusahaan, reputasi merek, basis pelanggan, layanan pelanggan yang baik, hubungan karyawan, dan teknologi merupakan aspek-aspek dari goodwill. Goodwill tidak berkaitan dengan kinerja operasional perusahaan dan lebih mencerminkan harapan jika investasi tersebut akan memberikan keuntungan di masa depan.

GOTO mencatatkan gross transaction value (GTV) Rp606,5 triliun turun tipis 1,1% dari setahun sebelumnya. Sementara itu pendapatan bruto tumbuh 5,8% menjadi Rp24,3 triliun dari setahun lalu yang tercatat Rp23,0 triliun. (FHM)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.