Note

Ikhtisar pasangan EUR/USD. 19 Maret. Inflasi di Uni Eropa membebani euro

· Views 19

Ikhtisar pasangan EUR/USD. 19 Maret. Inflasi di Uni Eropa membebani euro

Pasangan mata uang EUR/USD sekali lagi menunjukkan volatilitas yang "mencengangkan" pada hari Senin. Namun, kali ini skenario seperti itu mudah diprediksi. Masalahnya adalah, saat ini, volatilitas di pasar mata uang secara umum sangat rendah, dan pada hari Senin, ketika biasanya hanya ada sedikit berita yang dirilis, seringkali berita tersebut tidak ada sama sekali. Satu-satunya laporan hari ini – mengenai inflasi di Uni Eropa – tidak membangkitkan emosi apa pun di kalangan trader. Kami telah memperingatkan hal ini sebelumnya, karena laporan tersebut menyiratkan perkiraan kedua, yang jarang berbeda dari perkiraan pertama. Jika tidak ada perbedaan, maka tidak ada alasan bagi pasar untuk bereaksi.

Jadi, inflasi di Uni Eropa sudah turun menjadi 2,6%. Meskipun ada kekhawatiran dari perwakilan ECB, kami menganggap perlambatan suku bunga tersebut positif dan meyakinkan. Misalnya, inflasi menurun lebih lambat di Amerika Serikat dan Inggris. Oleh karena itu, sangat diharapkan bahwa bank sentral pertama dari "tiga besar" yang bertindak mungkin bukan The Fed, melainkan ECB. Ingatlah bahwa dua bulan yang lalu, pasar yakin 100% bahwa The Fed akan menjadi pihak pertama yang mulai melonggarkan kebijakan moneternya. Namun, pada kenyataannya, hal tersebut seharusnya dilakukan oleh ECB. Selama ini (dua bulan terakhir), kami telah berulang kali menyebutkan bahwa The Fed tidak punya alasan untuk terburu-buru melakukan penurunan suku bunga. Inflasi masih jauh dari target, dan perekonomian berada dalam kondisi sangat baik meskipun tingkat inflasi tinggi. Kami benar.

Kini saatnya pasar mengakui bahwa hal itu salah. Jika mata uang Eropa telah meningkat dalam jangka waktu yang lama berdasarkan ekspektasi pasar terhadap suku bunga ECB dan Fed, maka kini mata uang Amerika akan menunjukkan pertumbuhan dalam jangka waktu yang lama, karena ekspektasi justru bertolak belakang. Tidak diketahui berapa banyak langkah pelonggaran yang direncanakan regulator Eropa pada tahun 2024, namun pasar memperkirakan tidak lebih dari 3 kali penurunan suku bunga dari The Fed. Angka ini sangat kontras dengan penurunan suku bunga sebanyak 6-7 kali yang diperkirakan pasar pada awal tahun. Dengan kata lain, ekspektasi terhadap kebijakan moneter The Fed semakin ketat, sementara ekspektasi terhadap kebijakan moneter ECB melemah. Dan kami percaya bahwa ini adalah alasan yang sangat kuat bagi dolar AS untuk terus menguat terhadap euro.

Prinsipnya, selama sembilan bulan terakhir memang meningkat. Namun kenaikannya sangat lemah dan sangat enggan. Kami percaya bahwa pasangan ini harus mendekati paritas harga, atau setidaknya di sekitar level $1.04. Namun, pasar masih tidak terburu-buru untuk menjual, meskipun memahami bahwa latar belakang fundamental dan makroekonomi kini lebih mendukung dolar. Kami yakin akan hal ini karena tidak mungkin ada pendapat lain di sini.

Pada akhir hari Senin, pasangan EUR/USD tetap berada di bawah garis moving average, sehingga tren jangka pendek baru belum dibatalkan. Oleh karena itu, bagaimanapun juga, saat ini kita hanya memperkirakan pergerakan ke bawah. Dari pertemuan The Fed, kita seharusnya mengharapkan lebih banyak dukungan tambahan terhadap dolar dibandingkan sebaliknya. Pidato Christine Lagarde dan Luis de Guindos minggu ini sepertinya tidak mengindikasikan perubahan sikap ECB ke sikap yang lebih "hawkish".

Ikhtisar pasangan EUR/USD. 19 Maret. Inflasi di Uni Eropa membebani euro

Volatilitas rata-rata pasangan mata uang euro/dolar selama 5 hari trading terakhir pada tanggal 19 Maret adalah 45 poin dan dikategorikan sebagai "rendah". Oleh karena itu, kami memperkirakan pasangan ini akan bergerak antara level 1,0823 dan 1,0913 pada hari Selasa. Saluran regresi linier senior masih mengarah ke bawah, sehingga tren penurunan global masih utuh. Kondisi indikator CCI yang oversold menunjukkan perlunya koreksi ke atas, namun kami masih memperkirakan penurunan pada mata uang Eropa.

Level dukungan terdekat:

S1 - 1.0864

S2 - 1.0834

S3 - 1.0803

Level resistensi terdekat:

R1 - 1.0895

R2 - 1.0925

R3 - 1.0956

Rekomendasi trading:

Pasangan EUR/USD terus berada di bawah garis moving average. Oleh karena itu, ada kemungkinan untuk tetap berada pada short position dengan target di 1.0834 dan 1.0823. Jika pasar akhirnya menyerah pada penjualan dolar yang serupa, maka mata uang Amerika mungkin akan segera naik ke level ke-7. Dan dalam jangka panjang, ke level 1,0200. Setelah pertumbuhan pasangan yang cukup panjang (yang kami anggap sebagai koreksi), kami tidak melihat alasan untuk mempertimbangkan long position. Bahkan jika harga berkonsolidasi di atas rata-rata pergerakan.

Penjelasan untuk ilustrasi:

Kanal regresi linier - membantu menentukan tren saat ini. Apabila keduanya diarahkan ke arah yang sama, maka trennya saat ini kuat.

Garis Moving Average (pengaturan 20.0, smoothed) - menentukan tren jangka pendek dan arah trading yang harus dilakukan saat ini.

Level Murray - level target untuk pergerakan dan koreksi.

Tingkat volatilitas (garis warna merah) - kemungkinan kanal harga di mana pasangan ini akan menghabiskan hari berikutnya, berdasarkan indikator volatilitas saat ini.

Indikator CCI - masuknya ke dalam area oversold (di bawah -250) atau overbought (di atas +250) menunjukkan bahwa pembalikan tren ke arah yang berlawanan sudah dekat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.