Note

Bos Waskita Blak-blakan Utang Rp 41,2 T, Butuh 17 Tahun buat Lunasi

· Views 18
Bos Waskita Blak-blakan Utang Rp 41,2 T, Butuh 17 Tahun buat Lunasi
Gedung Waskita/Foto: Dok. Waskita Karya Tbk
Jakarta

PT Waskita Karya (Persero) Tbk memiliki utang Rp 41,2 triliun. Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho, mengatakan utang itu per Desember 2023.

"Progres update restrukturisasi Waskita Karya hampir posisi untuk per Desember 2023 memang utang induk Rp 41,2 triliun, memang ada beberapa komposisi utang kita, yaitu perbankan hampir mencapai Rp 26,3 triliun ada KMK penjaminan Rp 5,2 triliun, obligasi non penjaminan Rp 4,7 triliun," kata Hanugroho dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

Dalam paparannya, Waskita Karya membutuhkan waktu 17 tahun sampai 2039 untuk melunasi utang tersebut. "Secara fundamental Waskita membutuhkan waktu setidaknya 17 tahun sampai tahun 2039 untuk menyelesaikan seluruh utang dengan kemampuan bayar bunga 3,7%," tulis paparan Hanugroho.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian, dalam paparan ada tiga sumber untuk menyelesaikan utang Waskita Karya, pertama dari divestasi Rp 35 triliun yang 80% dari divestasi ruas tol, proyek eksisting Rp 8 triliun, dan margin proyek baru Rp 4 triliun.

Ia juga menyampaikan telah melakukan upaya untuk melunasi utang tersebut di antaranya menegosiasi kepada perbankan maupun pemegang obligasi. Hanugroho menyebut negosiasi kepada perbankan telah mengerucut pada kesepakatan.

"Perlu kami sampaikan target progres restrukturisasi untuk perbankan terutama untuk Master Restructuring Agreement (MRA/Perjanjian Restrukturisasi Induk) kita targetkan signing ini kita lakukan April 2024. Selain itu kita juga renegosiasi pada oblibasi non penjaminan Rp 4,7 triliun dari 4 seri sudah sepakat 3 seri. Sudah disetujui tenor 10 tahun dan penurunan suku bunga menjadi 3%," pungkasnya.

(ada/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.