Note

Kapasitas Pembangkit Listrik Naik Topang BREN Raup Pendapatan USD594 Juta di Tahun 2023

· Views 22

Pasardana.id - PT Barito Renewables Tbk (IDX: BREN) membukukan kenaikan pendapatan sebesar 4,4 persen menjadi USD594,9 juta pada 2023.

Kenaikan pendapatan tersebut didorong peningkatan kapasitas listrik geothermal sebesar 3,4 persen dan penyesuaian tarif yang lebih tinggi di unit Salak, Darajat, dan Wayang Windu.

Alhasil, BREN meraup laba bersih senilai USD145,3 juta.

Seiring dengan itu, saldo laba belum dicadangkan bertambah 17,8 persen secara tahunan menjadi USD487,07 juta pada akhir tahun 2023.

Direktur Utama BREN, Hendra Soetjipto Tan mengatakan, sejak 2023, perseroan mendiversifikasi portofolio energi terbarukan di luar geothermal melalui akuisisi aset pembangit listrik tenaga bayu/angin (PLTB) dengan potensi kapasitas yang besar.

"Hal ini semakin menegaskan dedikasi kami yang teguh dalam membantu transisi Indonesia ke sumber energi yang lebih bersih," papar Hendra dalam keterangan resmi, Selasa (19/3/2024).

Menurutnya, dengan disiplin biaya yang kuat telah membuka jalan bagi pertumbuhan EBITDA tahun 2023 sebesar 6,1 persen secara tahunan menjadi rekor tertinggi sebesar USD501,9 juta.

Hal Ini yang menyebabkan meningkatnya margin EBITDA menjadi 84 persen dibandingkan dengan 83 persen pada tahun 2022.

"Komitmen kami untuk menjaga keunggulan operasional sepenuhnya tercermin dalam realisasi capacity factor, yang tetap berada di atas 90 persen sepanjang tahun 2023 dan memperkuat posisi kuat geothermal sebagai energi terbarukan dengan energi baseload yang dapat diandalkan," paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, perseroan ke depan akan berada di jalur yang sesuai dan tepat dalam rencana ekspansi untuk mengoperasikan kapasitas sebesar 1.300 MW pada tahun 2028.

"Kondisi tersebut akan dicapai melalui pengembangan unit-unit baru di area operasi geothermal kami yang sudah ada dan pengembangan kawasan greenfield di bidang energi geothermal maupun tenaga angin," ujarnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.