Note

Inilah 5 Manfaat Pasar Modal bagi Emiten

· Views 30
Inilah 5 Manfaat Pasar Modal bagi Emiten
Inilah 5 Manfaat Pasar Modal bagi Emiten. (FOTO: MNC MEDIA)

IDXChannel - Beberapa manfaat pasar modal ini bisa menjadi hal yang berguna bagi Anda.

Pasar modal menjadi salah satu pilihan utama bagi para investor untuk memperoleh pendapatan tambahan. Melalui berbagai instrumen seperti saham, reksadana, obligasi, dan derivatif, investor dapat mengoptimalkan portofolio investasi mereka.

Baca Juga:
Inilah 5 Manfaat Pasar Modal bagi Emiten BEI dan UN Women cs Gaungkan Kesetaraan Gender di Industri Pasar Modal

Lantas apa saja 5 manfaat pasar modal? Simak penjelasan yang dihimpun IDX Channel dari berbagai sumber tepercaya. 

Apa Itu Pasar Modal dan Fungsinya

Pasar modal tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan yang menerbitkan sahamnya, tetapi juga bagi individu yang menjadi investor. Namun, apa saja manfaat pasar modal bagi investor, emiten, dan negara? Simak informasi selengkapnya di sini!

Baca Juga:
Inilah 5 Manfaat Pasar Modal bagi Emiten KSEI Komitmen Terus Jaga Kerahasiaan Data Investor Pasar Modal

Pasar modal, menurut Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1998, adalah tempat di mana terjadi penawaran umum dan perdagangan efek serta aktivitas perusahaan publik terkait efek yang diterbitkan. Di Indonesia, pasar modal diawasi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memberikan manfaat yang signifikan bagi ekonomi negara.

Fungsi utama pasar modal bagi perekonomian negara antara lain sebagai sarana pendanaan usaha bagi perusahaan dan sebagai sarana investasi bagi masyarakat. Dengan adanya pasar modal, perusahaan dapat menggalang dana dari masyarakat melalui penjualan saham atau obligasi, sedangkan masyarakat dapat berinvestasi pada berbagai instrumen keuangan yang tersedia.

Baca Juga:
Inilah 5 Manfaat Pasar Modal bagi Emiten Dukung Literasi dan Inklusi Pasar Modal, Sucor Sekuritas Gelar Bootcamp

Jenis instrumen pasar modal yang diperdagangkan di Indonesia meliputi saham, obligasi, reksadana, dan derivatif. Namun, seringkali hanya saham dan reksadana yang menjadi perbincangan utama di kalangan masyarakat.

Inilah 5 Manfaat Pasar Modal bagi Emiten

Inilah 5 Manfaat Pasar Modal bagi Emiten. (FOTO: MNC MEDIA)

5 Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten

Selain menguntungkan pihak investor, pasar modal juga bermanfaat bagi emiten yang merupakan perusahaan pengelola aktivitas pasar modal.

Tanpa perusahaan yang menjual instrumen, tentu tidak akan ada modal yang diputar. Sehingga investor dan pemerintah tidak dapat memperoleh manfaat di pasar modal.

Berikut manfaat pasar modal bagi emiten, yaitu:

1. Membuka Kerjasama dengan Pihak Asing

Jangkauan pasar yang dikelola emiten dapat semakin luas karena adanya pertambahan modal. Kerjasama dengan pihak asing dapat terjadi ketika bisnis mulai berkembang dan mencapai mancanegara.

2. Sumber Pendapatan Emiten

Emiten biasanya akan mengenakan biaya dalam proses jual beli sekuritas yang dapat menjadi sumber keuntungan serta tambahan modal bisnis mereka.

3. Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

Semakin aktif pergerakannya di pasar modal, dana yang akan diperoleh emiten juga akan bertambah.

Sehingga perusahaan dapat mengembangkan bisnis lebih luas dan memberikan peluang kepada masyarakat ketika mereka membutuhkan sumber daya manusia.

4. Meningkatkan Kepercayaan Publik

Emiten yang banyak memperoleh perhatian investor biasanya dipercaya sebagai perusahaan berkualitas baik. Dengan bertambahnya modal, jika dimanfaatkan secara tepat akan dapat mengembangkan lingkup usaha mereka. Terlebih jika dapat bekerjasama dengan pihak asing, hal itu akan meningkatkan kepercayaan publik dan citra perusahaan semakin positif. Sehingga akan ada banyak investor yang berminat untuk berinvestasi di pasar modal.

5. Perputaran Modal pada Emiten

Keberadaan investor dan pihak yang membutuhkan modal tentunya dapat membuat terjadinya perputaran modal. Sistemnya tidak jauh berbeda dengan perbankan serta nasabah mereka.

Itulah penjelasan 5 manfaat pasar modal bagi emiten. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi Anda. (MYY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.