Note

EUR/USD. Minggu terpenting di bulan Maret

· Views 12

Ada banyak peristiwa penting yang dijadwalkan untuk minggu ini. Federal Reserve AS akan masuk dalam agenda utama yang akan mengumumkan hasil rapat bulan Maret pada hari Rabu. Namun, ini bukan satu-satunya peristiwa penting dalam minggu ini. Pidato Ketua Fed, Jerome Powell (terpisah dari konferensi pers pascarapat), ZEW, PMI, indeks IFO, laporan real estate dan konstruksi di AS, dan sebagainya. Tidak diragukan bahwa volatilitas akan meningkat dalam beberapa hari ke depan. Mari kita lihat kalender ekonomi untuk minggu terpenting di bulan Maret.

Senin

Sejumlah laporan makroekonomi akan diterbitkan di Tiongkok, diantaranya adalah volume investasi pada aset tetap negara. Selama berbulan-bulan, indikator ini menunjukkan tren menurun. Namun, pada bulan Desember, volume meningkat sebesar 3,0% (setelah nilai bulan November sebesar 2,9%), dan tren positif juga diperkirakan terjadi pada bulan Januari (3,2%). Namun, volume produksi industri di Tiongkok diperkirakan meningkat sebesar 5,8% pada bulan Februari, lebih rendah dibandingkan hasil pada bulan Januari (6,8%) dan Desember (6,6%). Jika laporan ini dirlis warna "merah", dolar akan menerima dukungan tidak langsung di tengah meningkatnya sentimen penghindaran risiko.

EUR/USD. Minggu terpenting di bulan Maret

Selama sesi Eropa pada hari Senin, data final Indeks Harga Konsumen (CPI) Zona Euro untuk bulan Februari akan dipublikasikan. Menurut prediksi, perkiraan akhir akan sesuai dengan perkiraan awal (CPI keseluruhan - 2,6%, CPI inti - 3,1%).

Selasa

Pada hari Selasa, 19 Maret, kita akan mempelajari nilai indeks ZEW Institute. Secara khusus, Indeks Sentimen Bisnis di Jerman telah menunjukkan dinamika positif selama 7 bulan berturut-turut (dan berada di atas nol sejak bulan November), mencapai 19,9 poin di bulan Februari. Menurut prediksi, dinamika positif akan bertahan di bulan Maret: indikator ini diperkirakan mencapai 20,6 poin. Indeks Sentimen Bisnis Eropa juga diperkirakan meningkat - hingga 25,4 poin (nilai indeks tertinggi sejak Februari tahun lalu).

Selama sesi AS, laporan mengenai sektor konstruksi AS akan dirilis. Volume izin mendirikan bangunan yang diterbitkan pada bulan Februari diperkirakan akan kembali turun - sebesar 1,9% y/y setelah penurunan sebesar 1,5% pada bulan Januari. Namun, volume perumahan baru diperkirakan akan meningkat sebesar 7,0% per tahun.

Namun, mengingat rilis data ini tidak terlalu penting dan akan dipublikasikan menjelang acara penting minggu ini (pengumuman hasil rapat The Fed bulan Maret), rilis tersebut tidak akan berdampak signifikan pada pasangan mata uang ini.

Rabu

Pasar akan fokus pada The Fed. Hasil formal dari rapat bulan Maret telah ditentukan sebelumnya dan sudah lama diperkirakan: menurut CME FedWatch Tool, probbailitas untuk mempertahankan parameter kebijakan moneter mencapai 98%. Oleh karena itu, pasar akan mengabaikan keputusan sebenarnya.

Trader malah tertarik pada prospek lain. Dan bahkan bukan dalam konteks rapat berikutnya di bulan Mei, melainkan dalam konteks rapat musim panas. Secara kasar, trader akan mencari jawaban atas satu pertanyaan: Juni/Juli atau September? Laporan inflasi terbaru mendukung berlanjutnya sikap tunggu dan lihat. Ingat bahwa menurut data yang dipublikasikan minggu lalu, hanya CPI inti yang mengalami penurunan (walaupun laju penurunannya melambat), sementara inflasi secara keseluruhan, serta Indeks Harga Produsen (PPI), meningkat secara tak terduga. Dan yang penting, CPI dan PPI dirilis selama "masa blackout" The Fed. Artinya, kita akan mempelajari perkiraan awal rilis tersebut langsung setelah rapat bulan Maret.

Kita dapat berasumsi bahwa The Fed akan mengambil posisi yang cukup hawkish dan memberikan jangka waktu yang lebih lama sebelum penurunan suku bunga putaran pertama. Perhatikan bahwa setelah rilis laporan inflasi, probbailitas penurunan suku bunga di bulan Juni menurun dari 60% menjadi 50%. Jika anggota Fed mengungkapkan kekhawatirannya mengenai percepatan inflasi di bulan Februari dalam pernyataan terlampir, atau jika Powell menekankan hal ini pada konferensi pers, maka prospek bulan Juni akan berkurang menjadi 40-30%, dan dolar akan menerima dukungan yang signifikan, seperti pada dalam hal ini, tanggal potensi penurunan suku bunga tidak akan bergeser ke bulan Juli, melainkan September.

Dalam konteks pasangan EUR/USD, perlu juga diingat bahwa baru-baru ini beberapa anggota ECB telah melunakkan retorika mereka (khususnya, Yannis Stournaras dan Francois Villeroy de Galhau) – mereka menyerukan untuk tidak menunda penurunan suku bunga dan mengambil keputusan yang tepat "sebelum liburan musim panas", yaitu pada bulan Juni atau bahkan April. Jika dengan latar belakang pesan-pesan ini, The Fed meragukan penurunan suku bunga di bulan Juni, bear EUR/USD akan memperkuat posisi mereka secara signifikan.

Kamis

Selama sesi Eropa, negara-negara utama Eropa akan merilis indeks PMI. Jika kita meringkas prediksi sebagian besar pakar, situasinya adalah sebagai berikut: Data PMI di sektor manufaktur dan jasa akan tetap berada di bawah angka 50 poin, menunjukkan kontraksi, tetapi akan menunjukkan dinamika positif. Misalnya, PMI Manufaktur Jerman diperkirakan mencapai 43,1 poin di bulan Maret setelah turun di bulan Februari menjadi 42,5. Dan seterusnya. Warna "merah" pada laporan tersebut akan memberikan tekanan tambahan pada euro.

Selama sesi AS, data penjualan rumah yang ada di AS akan dirilis. Menurut prediksi, volume penjualan akan segera turun sebesar 2,5% (nilai indikator terendah sejak Oktober tahun lalu).

Juga pada hari Rabu, anggota Dewan Fed, Michael Barr, akan berpidato, yang mungkin mengomentari hasil rapat bulan Maret. Dia adalah seorang sentris yang mengambil posisi hati-hati. Dalam salah satu pidatonya baru-baru ini, ia menyatakan bahwa ia perlu melihat penurunan inflasi yang berkelanjutan sebelum menganjurkan penurunan suku bunga. Dalam konteks pidato selanjutnya, penilaiannya terhadap hasil rapat The Fed bulan Maret menjadi hal yang menarik.

Jumat

Jerman akan merilis laporan dari IFO Institute. Secara keseluruhan, dinamika diperkirakan positif. Secara khusus, indikator iklim usaha harus mencapai 85,9 poin (setelah naik menjadi 85,5 pada bulan Februari). Secara keseluruhan, rilis ini harus dipertimbangkan bersamaan dengan rilis ZEW dan PMI, terutama jika rilis tersebut "beresonansi" (yaitu, rilis tersebut lebih buruk atau lebih baik dari yang diharapkan).

Selain itu, Powell akan berpidato pada hari Jumat. Ia akan menyampaikan pidato selamat datang pada konferensi ekonomi di Washington. Format pidato yang bersifat seremonial tidak berarti menyelami hal-hal spesifik secara mendalam. Meski demikian, Powell mungkin masih akan memberikan komentar mengenai hasil rapat The Fed.

Kesimpulan

Minggu depan dapat dibagi menjadi "sebelum" dan "sesudah". Sebelum tanggal 20 Maret, ketika The Fed mengumumkan hasil rapat FOMC bulan Maret, dan setelah acara ini.

Pada paruh pertama minggu ini, para trader EUR/USD akan berhati-hati karena The Fed mungkin akan memberikan kejutan yang hawkish (atau sebaliknya, dovish jika bank tersebut mengonfirmasi prospek penurunan suku bunga di bulan Juni). Pada paruh kedua minggu ini, pelaku pasar akan mencerna hasil rapat bulan Maret. Semua peristiwa fundamental lainnya akan bersifat sekunder (setidaknya bagi trader EUR/USD).

Fokusnya adalah pada rapat Fed.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.