Note

SUNI Bangun Pabrik Pipa Migas Berkapasitas 60 Ribu Ton Pertahun

· Views 24

Pasardana.id- PT Sunindo Pratama Tbk (IDX:SUNI) telah memulai pembangunan plant 2 Rainbow Tubulars Manufacture (RTM) di Batam guna  menambah kapasitas produksi seamless pipes/OCTG tubing hingga dua kali lipat mencapai 60.000 ton/ tahun dari yang sebelumnya 30.000 ton/ tahun.

Direktur Utama SUNI, Willy Johan Chandra menjelaskan, langkah ini merupakan kelanjutan peningkatan modal disetor kepada RTM sebesar Rp152. 8 miliar.

Ia melanjutkan perseroan juga menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp432 miliar yang akan digunakan untuk pembelian tanah sebesar Rp57 miliar,  pembangunan pabrik sebesar Rp250 miliar dan pembelian mesin-mesin produksi sebesar Rp125 miliar.

“Pembangunan pabrik baru seluas 50.793 m2 ini dapat  memasok atau melayani kebutuhan seamless OCTG tubing sampai dengan 70.000 ton/tahun,”jelas dia kepada media, Senin(18/3/2024).

Ia menambahkan,  peningkatan kapasitas produksi ini mendukung upaya untuk mendiversifikasi produk Industrial pipe dan memperluas pangsa pasar di dalam maupun luar negeri (pasar ekspor).

“Kami menargetkan fasilitas ini akan beroperasi pada tahun 2025 dan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kinerja operasional dan keuangan Perseroan ke depannya,” kata dia.

Lebih jauh dia bilang, pabrik baru SUNI juga untuk memperkuat industri pipa lokal dalam memenuhi kebutuhan eksplorasi dan eksploitasi migas ke depannya.

“Kami berkomitmen mendukung program pemerintah yang telah menetapkan target lifting minyak dan gas bumi sebesar masing-masing 1 juta BOPD (barrel oil per day) dan 12 BSCFD (billion standard cubic feet per day) pada tahun 2030,” harap dia.

Sementara itu, Kepala Kelompok Kerja Kapasitas Nasional Divisi Rantai Suplai SKK Migas, Maria Kristanti Wiharto menyambut baik komitmen UNI dalam mengembangkan industri manufaktur dalam negeri dari yang tadinya PMA menjadi PMDN dan memiliki sertifikat TKDN sehingga dapat memasok kebutuhan barang-barang dalam negeri.

“Kami sangat mengapresiasi SUNI yang dapat menjadi contoh sukses bagaimana industri dalam negeri dapat berkembang, ini juga dapat memberikan multiplier effect untuk industri hulu migas dan industri lainnya.” kata Maria

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.