Note

Peraturan Pembatasan Barang Impor Ditunda, Mendag : Yang Bisa Jalan, Jalan Dulu

· Views 29

Pasardana.id - Seiring dengan banyaknya protes dari asosiasi dan juga masyarakat luas, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan menunda sementara aturan pembatasan barang impor bawaan penumpang pesawat dari luar negeri. 

"Jadi sekarang, yang bisa jalan, jalan dulu. Mungkin pelaksanaannya sebagian ditunda sampai sosialisasi selesai," kata Zulhas, di Jakarta, Minggu (17/3) kemarin.

Adapun aturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor. Aturan ini sedianya berlaku pada 10 Maret 2024 kemarin. 

Sebelumnya, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai resmi menerapkan pembatasan jumlah barang bawaan penumpang perjalanan dari luar negeri. Pembatasan jumlah barang bawaan itu mulai dilakukan pada 10 Maret 2024, menyusul diberlakukannya Permendag No. 36 Tahun 2023 pada Desember lalu.

Sementara, Mendag Zulhas mengatakan bahwa produk-produk yang dibawa penumpang sebelumnya bebas masuk. Sedangkan produk lokal sebelum dijual memiliki banyak persyaratan, seperti izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kemudian Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk barang elektronik. 

"Kalau dulu dari luar negeri langsung masuk karena post border diatur, ada perubahan ada yang mengeluh, wajar, tapi harus ada perlakuan yang sama. Jangan sampai industri dalam negeri kita lebih susah daripada barang impor," ujar Zulhas.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.