Note

Tunggu Rapat The Fed, Harga Emas Rehat Sejenak dari Rekor

· Views 27
Tunggu Rapat The Fed, Harga Emas Rehat Sejenak dari Rekor
Tunggu Rapat The Fed, Harga Emas Rehat Sejenak dari Rekor. (Foto: Freepik)

IDXChannel - Harga emas di pasar spot mengalami penurunan lanjutan pada perdagangan awal pekan Senin (18/3/2024).

Emas diperdagangkan di sekitar USD2.155 per troy ons, turun 0,2 persen. Emas juga ditutup melemah di kisaran USD2.161 per troy ons pada hari Jumat (15/3) dan menjadi penurunan mingguan pertama dalam empat minggu terakhir. (Lihat grafik di bawah ini.)

Baca Juga:
Tunggu Rapat The Fed, Harga Emas Rehat Sejenak dari Rekor Saham Prajogo Pangestu Babak Belur, CUAN Anjlok Berjilid-jilid

Tunggu Rapat The Fed, Harga Emas Rehat Sejenak dari Rekor

Harga emas masih berfluktuasi di tengah ketidakpastian penurunan suku bunga moneter bank sentral The Federal Reserve (The Fed).

Baca Juga:
Tunggu Rapat The Fed, Harga Emas Rehat Sejenak dari Rekor Minyak Naik Lagi, Intip Gerak Harga Saham Emitennya

Ini karena data CPI dan PPI Amerika Serikat (AS) yang lebih tinggi dari perkiraan dan klaim pengangguran awal yang lebih rendah mendorong investor untuk menyesuaikan kembali taruhan mereka pada pelonggaran kebijakan moneter The Fed.

Logam kuning tersebut turun tajam lebih dari 1,38 persen dalam sepekan setelah sempat mencapai level tertinggi USD2.184.

Baca Juga:
Tunggu Rapat The Fed, Harga Emas Rehat Sejenak dari Rekor Sosok Ini Borong 456 Juta Saham TOPS di Harga Bawah

Peluang penurunan suku bunga The Fed pada bulan Juni kini juga telah menurun menjadi 58 persen dari 74 persen pada minggu sebelumnya, sehingga mengurangi daya tarik untuk memiliki aset yang tidak memberikan imbal hasil seperti emas.

Meski begitu, harga emas tetap berada di dekat level tertinggi sepanjang masa. Instrumen safe haven ini bertindak sebagai instrumen lindung nilai terhadap inflasi dan meningkatnya risiko geopolitik setelah Rusia memindahkan senjata nuklir taktisnya lebih dekat ke NATO.

Marcus Garvey, kepala strategi komoditas di Macquarie, mengatakan bahwa data lapangan kerja dan inflasi AS jangka pendek dapat menentukan apakah harga emas akan mencapai USD2.300 per troy ons atau turun kembali ke sekitar USD2.100 per troy ons.

“Jika anda melihat korelasi emas, meskipun ada narasi bahwa emas adalah aset defensif, sebenarnya emas terombang-ambing di antara keduanya. Terkadang kinerjanya sejalan dengan risiko dan terkadang melawan risiko,” kata Marcus Garvey, kepala strategi komoditas di Macquarie, mengatakan kepada CNBC Internasional dua pekan lalu.

Selain emas, sejumlah komoditas metal lainnya juga terpantau turun hari ini. Penurunan terjadi pada perak sebanyak 0,43 persen di level USD25 per troy ons dan tembaga yang turun tipis 0,04 persen di level USD4,11 per pound. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.