Note

Sambut Awal Pekan, IHSG Hari Ini Berpotensi Uji Level 7.270 - 7.400

· Views 50
Sambut Awal Pekan, IHSG Hari Ini Berpotensi Uji Level 7.270 - 7.400
Sambut Awal Pekan, IHSG Hari Ini Berpotensi Uji Level 7.270 - 7.400 (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini berpotensi menguji ke level 7.270-7.400.

Sementara itu, periode pencatatan investor yang berhak atas dividen atau cumulative date (cumdate) terhadap sejumlah saham big bank telah berakhir.

Ini mencakup penghitungan hak dividen bagi investor PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) yang masuk di Pasar Reguler.

Hal ini dinilai menjadi sentimen pemberat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang pada sesi sebelumnya turun 1,42% di Rp7.328, setelah menemui level tertingginya di 7.454,44.

“Pekan lalu IHSG terkoreksi cukup parah. Sentimen pertama adalah ex-date dividend pada saham-saham big caps yang berdekatan, misalnya BBRI dan BBNI,” kata Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto dalam risetnya, Senin (18/3/2024).

Fase puncak indeks telah dilalui seiring aksi jual investor terhadap saham-saham berkapitalisasi besar. Di depan mata, pelaku pasar masih menanti dua cum date saham perbankan lain seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang dijadwalkan berlangsung pada akhir Maret dan awal April.

William menilai pelemahan IHSG dapat berlanjut, meskipun secara teknikal masih terjaga di MA 20 dalam indikator Moving Average. Ini menjadi indikasi tren indeks masih menguat setidaknya sampai MA20 ditembus.

“Pada kondisi ini indeks berpotensi mengalami pengujian support yang akan memicu pergerakan mixed di rentang 7.270 - 7.400,” terangnya.

Dari sisi sektoral, saham-saham transportasi dinilai mendapat tempat seiring katalis Ramadan, dan peluang aktivitas lalu lintas yang lebih padat. Namun di luar dari sentimen ini, terang William, sektor transportasi sedang bergerak uptrend.


“Selain sektor ini, saham-saham 2nd dan 3rd liner jadi mendapat giliran menguat, hal ini sudah biasa terjadi ketika IHSG mengalami pelemahan maupun sideways, karena peran saham-saham 2nd dan 3rd liner adalah pilihan alternatif untuk transaksi saham jangka pendek,” paparnya.


(SAN)

Baca Juga:
Sambut Awal Pekan, IHSG Hari Ini Berpotensi Uji Level 7.270 - 7.400 IHSG Besok Diprediksi Menguat Terbatas

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.