Note

Maksimalkan Pemanfaatan EBT, Charoen Pokphand CPIN Gandeng SUN Energy

· Views 9
Maksimalkan Pemanfaatan EBT, Charoen Pokphand CPIN Gandeng SUN Energy
Maksimalkan Pemanfaatan EBT, Charoen Pokphand CPIN Gandeng SUN Energy (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) resmi menggandeng PT Surya Utama Nuansa (SUN) Energy terkait pemaksimalan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

Bagi CPIN, langkah ini menjadi salah satu inovasi dalam meningkatkan efisiensi kinerja, sekaligus milestone baru bagi perusahaan di era keberlanjutan saat ini.

"Kami memandang penting makna keberlanjutan agar mampu menyediakan lingkungan yang baik bagi generasi masa depan bangsa. Untuk itu kami berupaya untuk mewujudkan praktik bisnis yang ramah lingkungan," ujar General Manager PZroduction CPIn, Aditya Taufiq Wibowo, dalam keterangan resminya.

Melalui kerja sama ini, pihak CPIN bakal mulai memanfaatkan energi surya dalam kegiatan operasionalnya. Pasokan energi tersebut didapat melalui sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dikembangkan oleh SUN Energy.

Infrastruktur tenaga surya berkapasitas 1,5 MWp tersebut bakal berlokasi pada salah satu pabrik makanan milik CPIN, di Salatiga.

"Hal ini diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap tujuan keberlanjutan bisnis. Selain itu, implementasi PLTS juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi karbon dari kegiatan operasional perusahaan," tutur Aditya.

Instalasi PLTS dengan skema kerjasama jangka panjang dengan SUN Energy ini, diyakini bakal menjadi bagian dari solusi terhadap tantangan perubahan iklim global ke depan.

Penggunaan energi surya ini diperkirakan bakal mampu menghasilkan 1.508.458 kWh listrik setiap
tahun, setara dengan pengurangan 1.178 ton emisi karbon dan penanaman 17.676 pohon.

"Inisiatif ini akan berdampak langsung pada upaya keberlanjutan Charoen Pokphand," ungkap Aditya.

Sedangkan, sebagai pengembang energi surya, SUN Energy telah berhasil mengelola aset sistem PLTS bagi berbagai pelaku industri perunggasan.

Sistem PLTS telah terbukti reliable dalam program efisiensi energi di berbagai sektor, termasuk industri perunggasan.

"Saat ini, kami telah mengelola aset di dua perusahaan perunggasan terbesar di Indonesia. Salah satunya adalah Charoen Pokphand, yang telah berkomitmen pada keberlanjutan dan transisi energi di tengah momentum yang berlangsung di Indonesia," ujar Deputy CEO SUN Energy, Dion Jefferson.

Instalasi sistem PLTS oleh Charoen Pokphand dapat menjadi acuan bagi perusahaan lain yang ingin
menghasilkan listrik rendah emisi, sekaligus menawarkan penghematan biaya melalui skema rental yangditawarkan oleh SUN Energy.

Langkah inovatif ini menegaskan komitmen CPIN terhadap keberlanjutan dan berkontribusi pada peralihan lebih luas menuju praktik energi bersih dalam lanskap industri Indonesia. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.