Note

Habco Trans Maritama Siap Tebar Dividen Senilai Rp39,6 Miliar

· Views 63

Pasardana.id - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Habco Trans Maritima Tbk (IDX: HATM) pada Jumat (15/3/2024) siang ini, menyetujui pembagian dividen sebesar Rp39,62 miliar atau setara dengan 20 persen laba bersih Tahun Buku 2023 yang tercatat sebesar Rp198,17 miliar.

Direktur Utama Habco Trans Maritima, Andrew Kam menyampaikan, salah satu mata acara RUPST menyepakati rencana untuk membagikan dividen sebesar 20 persen dari laba bersih di sepanjang 2023 atau senilai Rp5,66 per saham.

Pada tahun 2023 lalu, HATM juga membayarkan dividen kepada para pemegang saham senilai Rp4,07 per lembar, yang dananya bersumber dari laba bersih Tahun Buku 2022.

“Pada RUPST hari ini para pemegang saham telah menyetujui dividend payout ratio sebesar 20 persen, sehingga total dividen yang akan dibayarkan HATM mencapai Rp39,62 miliar,” kata Andrew  di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Ia mengingatkan, bagi investor yang berminat akan dividen itu, cum dividen tunai di pasar reguler dan negosiasi pada 25 Maret 2024, sedangkan ex dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 26 Maret 2024.

Adapun cum dividen di pasar tunai pada 27 Maret 2024 dan ex dividen di pasar pada 28 Maret 2024.

"Pembayaran dividen kepada para pemegang saham yang berhak akan dilaksanakan paling lambat 3 April 2024," ujar Andrew.

Sementara itu, lanjut Andrew, sisa laba bersih Tahun Buku 2023 atau sebesar 80 persen akan dicatatkan sebagai laba yang ditahan (retained earnings) oleh perseroan.

RUPST memberikan kuasa kepada Direksi HATM untuk melaksanakan segala sesuatunya sehubungan dengan pembagian dividen tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, RUPST juga menyetujui dan mengesahkan pengunduran diri Dillon Cosmas dari jabatannya selaku Direktur HATM dan menyetujui pengangkatan Derrick Cosmas sebagai Direktur Perseroan yang baru, untuk sisa masa jabatan Dillon Cosmas.

Dengan demikian, saat ini susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris HATM adalah sebagai berikut:

DIREKSI

Direktur Utama: Andrew Kam

Direktur: Rita

Direktur: Ian Morris Budiman

Direktur: Andre Ristanto

Direktur: Derrick Cosmas

DEWAN KOMISARIS

Komisaris Utama: Hasanul Arifin Hasibuan

Komisaris: Cosmas Kiardi

Komisaris Independen: Brikman Sinaga

Pada pelaksanaan RUPS-LB, terang Andrew, para pemegang saham juga menyetujui seluruh atau tiga mata acara Rapat, di antaranya; persetujuan atas rencana penjualan dan/atau pembelian investasi barang modal, seperti armada, perlengkapan, peralatan dan sarana penunjang aktivitas operasi Perseroan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.