Note

Lautan Luas Bidik Pertumbuhan Pendapatan 10 Persen di Tahun Naga Kayu

· Views 30

Pasardana.id - PT Lautan Luas Tbk (IDX: LTLS) menyiapkan langkah strategis guna mendongkrak kinerja di tahun naga kayu ini yang dibayangi potensi imbas resesi global.

Investor Relation Manager Lautan Luas, Eurike Hadijaya mengungkapkan, meskipun terdapat ketidakpastian geopolitik dan harga energi yang volatilitasnya berlanjut, LTLS tetap optimis mengenai prospek jangka panjangnya.

Ada beberapa upaya yang dilakukan Perseroan untuk memitigasi tantangan-tantangan yang muncul, antara lain; dengan mencoba mengamankan bahan baku yang sulit didapat lebih awal, dan dengan menjaga tingkat likuiditas, serta peninjauan kontrak jangka panjang guna menghindari volatilitas kondisi perekonomian.

"Kami masih melihat potensi yang baik di tahun 2024, karena di sepanjang tahun 2023, LTLS sudah melakukan banyak upaya untuk memastikan munculnya peluang-peluang yang menjanjikan di tahun berikutnya. LTLS juga akan fokus mengeksplorasi basis konsumen dengan produk yang sudah ada, mengembangkan produk baru, merambah pengembangan anorganik di industri makanan, perawatan pribadi dan rumah tangga, dan pengelolaan air," jelas Eurike dalam keterangan resminya, Jumat (15/3/2024).

Ia bilang, LTLS akan mengoptimalisasi konsolidasi bisnis pengolahan air guna mempromosikan praktik bisnis berkelanjutan dan meningkatkan pendapatan perseroan.

Mulai 2 Januari 2024, seluruh kegiatan industri pengolahan air ditangani oleh PT Lautan Air Indonesia (LAI).

Dengan strategi itu, kata dia, pertumbuhan pendapatan Lautan Luas diharapkan lebih dari 10 persen di tahun ini.

Industri sektor makanan minuman, air bersih dan personal home care tetap menjadi fokus bisnis LTLS.

“Kami juga tetap menjalankan upaya untuk mempertahankan arus kas yang positif seperti yang telah dicapai sebelumnya," jelas Eurike.

Guna menjaga stabilitas, lanjut dia, LTLS menjalankan beberapa upaya penting seperti menyediakan cadangan persediaan yang cukup guna memastikan pemenuhan pasok pada konsumen, meminimalisasi pengeluaran modal dan mengawasi pergerakan piutang.

Selain itu, Perseroan juga berupaya dalam mengelola arus kas dan tenaga kerja dengan baik.

Dalam segmen usaha distribusi dan manufaktur, LTLS mengantisipasi dan memitigasi kelangkaan bahan baku, yang disebabkan oleh masalah pasok dan pengiriman, merupakan prioritas Perseroan.

Selain itu, harga-harga produk Perseroan juga selalu disesuaikan dengan peningkatan harga pasar dan Perseroan tetap memastikan upaya penghematan tetap dijalankan.

Selain itu, kata dia, guna memperkuat nilai saham, perseroan akan meneruskan kegiatan pembelian saham kembali atau buyback.

Aksi buyback merupakan salah satu bentuk usaha LTLS untuk meningkatkan nilai pemegang saham dan kinerja saham LTLS, sehingga akan memberikan fleksibilitas yang besar kepada LTLS dalam mengelola modal untuk mencapai struktur permodalan yang efisien.

“Pembelian kembali saham akan dilakukan melalui Bursa, LTLS menunjuk PT Samuel Sekuritas sebagai anggota Bursa untuk melakukan buyback,” ujar dia.

Sepanjang tahun 2023, LTLS berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 7,3 triliun.

Angka tersebut turun 7 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Hasil tersebut juga turut mempengaruhi kinerja laba perusahaan.

Adapun pada tahun 2023 lalu, LTLS mencatatkan laba tahun berjalan sebesar Rp 161 miliar lebih rendah dibandingkan tahun 2022 yang tercatat sebesar Rp 321 miliar.

Penurunan kinerja ini disebabkan oleh penurunan harga komoditas.

Menurut laporan Prospek Pasar Komoditas edisi April 2023 yang dirilis Bank Dunia, harga komoditas diperkirakan turun 21 persen pada tahun 2023.

Penurunan ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain; potensi resesi global, kenaikan suku bunga, dan perbaikan pasokan.

Industri kimia juga terdampak oleh penurunan harga dan volatilitas harga bahan kimia dasar dan khusus.

Berdasarkan data dari BPS, harga bahan kimia dasar dan khusus di Indonesia pada tahun 2023 turun sebesar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Setiap tahun kinerja positif berkelanjutan dapat kami raih, terutama karena didorong oleh strategi Perseroan untuk hadir di seluruh Indonesia sambil menjaga komitmennya untuk menghasilkan bahan kimia berkualitas tinggi. Selain itu, pelaksanaan proses produksi dan distribusi yang dilakukan secara terintegrasi telah memungkinkan LTLS untuk meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan manajemen biaya, serta melakukan upaya pemasaran yang efektif," pungkas dia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.