Note

Ikhtisar pasangan EUR/USD. 14 Maret. Sentimen "bullish" dari para pembuat pasar mencegah kenaikan dolar.

· Views 18

Ikhtisar pasangan EUR/USD. 14 Maret. Sentimen bullish dari para pembuat pasar mencegah kenaikan dolar.

Pasangan mata uang EUR/USD terus diperdagangkan pada hari Rabu dengan volatilitas minimal yang sama. Ingatlah bahwa laporan inflasi bulan Februari yang berpengaruh dirilis di Amerika Serikat beberapa hari sebelumnya, yang tidak diperhatikan oleh pasar. Mereka tidak menyadarinya secara sadar, karena laporan tersebut menyiratkan penguatan dolar yang kuat. Terlepas dari kenyataan bahwa inflasi meningkat sesuai perkiraan dan inflasi inti menurun sesuai perkiraan, kami yakin bahwa laporan ini seharusnya menyebabkan kenaikan kuat pada mata uang Amerika.

Mengapa? Karena selama sekitar satu tahun ini, pasar hanya membahas "Kapan The Fed akan mulai menurunkan suku bunga?" Pasar menunggu peristiwa ini, menginginkannya sesegera mungkin, dan terus-menerus gagal menebak jawaban yang tepat. Ingatlah bahwa pada bulan Januari (dan juga pada akhir tahun 2023), pasar memperkirakan The Fed akan mulai melakukan pelonggaran kebijakan moneter terlebih dahulu. Baru pada saat itulah ECB dan BOE akan mulai menurunkan suku bunga. Pasar menolak untuk memperhitungkan fakta bahwa inflasi Amerika praktis tidak menurun selama lebih dari setengah tahun, perekonomian Amerika jauh dari resesi, dan pasar tenaga kerja tetap kuat. Apa alasan The Fed harus menurunkan suku bunganya?

Pasar sudah lama melakukan kesalahan, kemudian mengakui kesalahannya, dan kini mengharapkan pelonggaran pertama paling lambat bulan Juni. Namun, laporan inflasi terbaru kembali menunjukkan bahwa indikator tersebut tidak melambat. Oleh karena itu, kami percaya bahwa, pada kenyataannya, penurunan suku bunga di AS mungkin akan dimulai pada musim gugur. Bagaimanapun, Jerome Powell dan rekan-rekannya telah berulang kali menyatakan bahwa pelonggaran hanya akan dimulai jika ada keyakinan dalam mencapai target inflasi. Keyakinan apa yang ada sekarang? Oleh karena itu, pasar bisa percaya pada apapun dan mengharapkan apapun. Fakta berbicara sebaliknya. Namun, pada saat yang sama, pasarlah yang menentukan kuotasi pasangan mata uang dan instrumen. Jika pemain utama menolak membeli dolar, maka mata uang AS tidak akan naik dalam keadaan apa pun. Para pemain utama (penggerak pasar) saat ini menolak untuk membeli dolar.

Situasi dengan ECB justru sebaliknya. Inflasi telah melemah hingga 2,5%, cukup dekat dengan level target untuk mulai membicarakan pelonggaran kebijakan moneter. Perwakilan komite moneter ECB telah beberapa kali menyebutkan bulan Juni sebagai kemungkinan dimulainya siklus pelonggaran, sehingga mereka tidak akan terburu-buru menurunkan suku bunga. Namun, hampir tidak ada orang yang akan membantah fakta bahwa regulator Eropa lebih mendekati pelonggaran dibandingkan regulator Amerika. Ingatlah bahwa dua bulan lalu, pasar berpikir sebaliknya. Sebagai akibat dari "perbedaan pendapat dan suku bunga" ini, dolar AS seharusnya menunjukkan pertumbuhan. Untuk beberapa waktu, nilai tukar sebenarnya terapresiasi, namun dalam sebulan terakhir, terlepas dari latar belakang fundamental atau makroekonomi, nilai tukar hanya terdepresiasi. Masih ada harapan bahwa pertumbuhan bulanan pasangan ini merupakan koreksi yang akan segera berakhir, namun pasar terus kehilangan peluang bagus untuk menjual pasangan EUR/USD. Artinya, perusahaan tidak cenderung mengambil posisi short saat ini.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Ikhtisar pasangan EUR/USD. 14 Maret. Sentimen bullish dari para pembuat pasar mencegah kenaikan dolar.

Volatilitas rata-rata pasangan mata uang euro/dolar selama lima hari trading terakhir pada tanggal 14 Maret adalah 51 poin dan dikategorikan sebagai "rendah". Oleh karena itu, kami memperkirakan pasangan ini akan bergerak antara level 1,0911 dan 1,1013 pada hari Kamis. Channel regresi linier senior masih mengarah ke bawah, sehingga tren penurunan global masih utuh. Kondisi indikator CCI yang overbought mengindikasikan perlunya koreksi ke bawah. Namun, yang kita perlukan adalah tren menurun, bukan koreksi. Bagaimanapun, euro tidak dapat berkonsolidasi bahkan di bawah moving average untuk saat ini.

Level support terdekat:

S1 - 1,0925

S2 - 1,0895

S3 - 1,0864

Level resistance terdekat:

R1 - 1,0956

R2 - 1,0986

R3 - 1,1017

Rekomendasi Trading:

Pasangan EUR/USD terus berada di atas garis moving average. Posisi long secara formal dapat dipertimbangkan hingga harga berkonsolidasi di bawah moving average, dengan target di 1,0986 dan 1,1017. Namun, kami mengingatkan Anda bahwa pergerakan ke atas saat ini tidak hanya bersifat korektif tetapi juga sama sekali tidak logis. Pekan lalu, euro hampir tidak punya alasan untuk tumbuh, dan minggu ini pun tidak. Oleh karena itu, kami terus memperkirakan penurunan, namun tidak ada sinyal jual. Selama belum ada, wajar jika mempertimbangkan untuk membeli, bukan menjual. Menembus moving average sama sekali tidak menjamin pergerakan lebih lanjut ke bawah.

Penjelasan ilustrasi:

Channel regresi linier - membantu dalam menentukan tren saat ini. Jika keduanya ke arah yang sama, berarti tren saat ini sedang kuat.

Garis moving average (pengaturan 20,0, diratakan) - menentukan tren jangka pendek dan arah trading harus dilakukan saat ini.

Level Murray - level target untuk pergerakan dan koreksi.

Level volatilitas (garis merah) - kemungkinan channel harga tempat pasangan ini akan menghabiskan hari berikutnya, berdasarkan indikator volatilitas saat ini.

Indikator CCI - entri ke dalam area oversold (di bawah -250) atau ke dalam area overbought (di atas +250) menunjukkan bahwa reversal tren ke arah yang berlawanan sudah dekat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.