Note

Pabrik Minyak Makan Merah yang Diresmikan Jokowi Bisa Produksi 7 Ton/Hari

· Views 28
Pabrik Minyak Makan Merah yang Diresmikan Jokowi Bisa Produksi 7 Ton/Hari
Presiden Jokowi meresmikan pabrik minyak makan merah/Foto: Instagram Jokowi/Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan pabrik minyak makan merah di Deli Serdang, Sumatera Utara. Ini menjadi pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia yang mengolah langsung kelapa sawit menjadi minyak makan dengan kapasitas 7 ton minyak per hari.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani mengatakan bahwa Pabrik Minyak Makan Merah Pagar Merbau merupakan salah satu pilot project dari tiga pabrik serupa yang juga akan dibangun di Sumatera Utara.

Sebanyak dua pabrik di antaranya direncanakan dibangun di Kabupaten Asahan dan Kabupaten Langkat. Pabrik Minyak Makan Merah Pagar Merbau, lanjut Ghani, akan mengolah bahan baku tandan buah segar (TBS) dari sekitar 1000 hektare (ha) luas lahan kelapa sawit milik PTPN Group.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kapasitas olah pabrik ini adalah 10 ton CPO per hari dan targetnya, dalam satu hari menghasilkan 7 ton minyak makan merah," ucap Ghani dalam keterangan resmi, Kamis (14/3/2024).

Ghani menuturkan bahwa pembangunan pabrik minyak makan merah akan diimplementasikan ke pabrik kelapa sawit di seluruh Indonesia. Hal ini diharapkan tidak membuat isu kelangkaan minyak goreng untuk masyarakat kecil.

"Selain itu, juga diharapkan bisa menyelesaikan masalah stunting serta pemberdayaan ekonomi masyarakat," ujar Ghani.

Ia menjelaskan bahwa keberadaan pabrik minyak makan merah bakal memberikan solusi bagi petani rakyat. Masyarakat bisa mendapatkan nilai tambah yang jauh lebih besar dibandingkan hanya menjual tandan buah segar (TBS). Dengan rata-rata kepemilikan sawit petani 2 ha per keluarga, satu pabrik bisa melibatkan 500 keluarga petani untuk hilirisasi sawit.

Jokowi mengapresiasi pendirian pabrik tersebut, ia mengatakan bahwa pabrik minyak makan merah itu merupakan salah satu contoh penerapan hilrisasi. Masyarakat tak perlu lagi menjual TBS dari kelapa sawit secara mentah, petani bisa mengarahkan TBS ke pabrik yang kemudian dijadikan minyak bernilai tambah.

"Inilah yang namanya hilirisasi. Jangan jual TBS, jangan jual CPO, kalau bisa jadikan barang jadi seperti ini, ini bagus sekali," kata Jokowi dalam sambutannya.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.