Note

Pengusaha Curhat Impor Kebutuhan Industri Kini Sulit: Kondisi Tak Baik-baik Saja!

· Views 21
Pengusaha Curhat Impor Kebutuhan Industri Kini Sulit: Kondisi Tak Baik-baik Saja!
detikcom Leaders Forum - Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, situasi perekonomian global berada dalam keadaan buruk. Menurutnya permintaan dari pasar global turun drastis dan berpengaruh ke industri dalam negeri.

"Keadaan saat ini situasi global parah sekali, dan demand global menurun sekali," katanya dalam detikcom Leaders Forum bertajuk Memantau Peluang di Tengah Ketidakpastian Ekonomi di Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2024).

Bahkan, untuk bisa mengimpor bahan baku industri cenderung sulit dibanding sebelumnya. Banyak negara memilih tidak menjual barang-barang mereka ke luar negeri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Even mau impor juga tidak semudah sebelumnya. Banyak negara mengatakan kita tidak mau ekspor barang-barang tertentu kita. Ini perlu diperhatikan, kondisi di lapangan saat ini tidak baik-baik saja," bebernya.

Di satu sisi pemerintah berusaha untuk mengurang jumlah barang-barang impor. Namun Shinta menyebut perlu juga melihat kesiapan industri dalam negeri.

Ia mengapresiasi insentif yang diberikan pemerintah bagi pelaku industri. Tetapi yang dibutuhkan oleh pengusaha adalah kebijakan yang mendorong percepatan produksi.

"Walaupun produksi tetap ekspansi, tapi banyak kendala dalam supply chain yang dihadapi saat ini. Ini kaitannya dengan kebijakan pemerintah. Jadi jangan bicara insentif saja. Ya insentif is good, stimulus, kita butuh, tapi kebijakan juga, bagaimana barang masuk, supaya kita bisa cepat lakukan produksi," pungkasnya.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.